as
as

Viral di Medsos, 10 Remaja Pelaku Penganiayaan Diamankan Polisi

Kabid Humas Polda Pap AM Kamal Covid 19 2

Koreri.com, Jayapura – Tim gabungan Direktorat Reskrimum Polda Papua bersama Tim Charli dan Tim Delta Polresta Jayapura Kota berhasil mengamankan 10 pelaku penganiayaan anak di bawah umur yang viral di media sosial (Medsos), Rabu (1/4/2020) dini hari.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan dari pemeriksaan awal para pelaku melakukan pemukulan terhadap korban berinisial K (14) karena merasa tersinggung dengan ucapan makian dan kata-kata kotor sehingga para pelaku memukul korban.

“Saat ini penyidik belum menetapkan 10 orang tersebut  sebagai tersangka, karena menunggu hasil pemeriksaan Subdit Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua,” terang di Jayapura, Rabu (1/4/2020).

Dijelaskan, menindaklanjuti laporan korban K (14) bahwa dirinya mengalami penganiayaan oleh sekelompok remaja, tim gabungan Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota langsung melakukan penyelidikan.

“Dari hasil penyelidikan tim berhasil mengetahui keberadaan para pelaku dan menuju ke Kompleks Perumnas 1 Yotefa Graha, Distrik Heram, Kota Jayapura dan berhasil mengamankan pelaku,” kata Kamal.

Ke 10 remaja pelaku penganiayaan yang berhasil diamankan tim gabungan berinisial, JMR (17), LD (18), IM (20), SP (18), VD (19), SM (17), VM (21), IN (16) MIA (19) dan ME (17).

Selanjutnya pelaku bersama barang bukti diamankan di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Para pelaku akan dikenakan pasal 170 KUHPidana tentang Dimuka Umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Selain itu para pelaku juga akan dikenakan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Diketahui, kasus pengeroyokan anak di bawah umur ini viral di medsos facebook sekitar pukul 02:00 WIT, Rabu (1/4/2020) dini hari.

Dimana lokasi kejadian di jalur antara GOR Trikora dan tembok FKM.

Tampak seorang anak berbaju putih bercelana pendek dipukul secara bergantian oleh sekelompok orang.

Kendati korban sudah berteriak kesakitan lantaran dipukul secara bergantian oleh orang-orang yang lebih besar darinya, namun sekelompok orang tersebut tetap melakukan aksi memukul secara bergantian.

Terkait dengan kejadian itu, korban K didampingi orang tuanya telah mendatangi Polda Papua untuk membuat laporan polisi.

Setelah membuat laporan polisi penyidik mengarahkan korban untuk melakukan visum di Rumah Sakit.

VER

as