as
as

Jelang Gelaran PON XX : Progres Kesiapan Klaster Mimika Capai 98 Persen

Bupati Mimika Eltinus O PON XX
Bupati Mimika Eltinus Omaleng (Kemeja kuning)

Koreri.com, Jayapura – Bupati Eltinus Omaleng memastikan kesiapan klaster Mimika dalam menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2021, 2 – 15 Oktober 2021 mendatang.

“Kami dari Timika yang sekarang ini, progresnya sudah mencapai 98 persen pembagunan venue-venua yang ada di Kabupaten Mimika,” ungkapnya dalam konferensi pers seusai acara pembukaan Chief de Mission (CdM) Meeting II PON XX Papua 2021, Rabu (7/4/2021).

Pihaknya, lanjut Eltinus, menargetkan sisa 2 persen dituntaskan paling lambat Agustus 2021.

“Jadi, yang 2 persen itu kita sudah buat targetnya paling lambat Agustus itu sudah selesai,” cetusnya.

Sementara 3 cabang olahraga lainnya, baik terbang layang, terjun payung maupun aeromodeling sementara dalam proses persiapan fasilitas.

“Intinya September nanti sudah siap semua,” cetus Eltinus.

Kedatangan pihaknya disamping mengikuti acara CdM Meeting II, juga untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kesiapan peralatan.

“Karena venue-venue yang sudah siap ini, tentu peralatannya harus masuk,“ sambungnya.

Selain itu, Eltinus juga menyinggung soal akomodasi, transportasi dan konsumsi serta keamanan untuk klaster Mimika.

“Apabila itu dipercayakan kepada kami maka kami pastikan itu semua akan sukses,” tandasnya optimis.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang I PB PON Papua Yusuf Yambe Yabdi membenarkan apa yang disampaikan Bupati Eltinus Omaleng.

“Apa yang dikatakan Bupati itu sangat benar bahwa memang tantangan kita sekarang ini adalah di peralatan,” ungkapnya membenarkan itu.

Menurut Yusuf, peralatan PON ini terbagi menjadi 2 dari total 56 disiplin.

“Jadi dari 56 itu, 20 disiplin peralatan itu menjadi tanggung jawab PB PON XX Papua sedangkan 36 disiplin itu merupakan tanggung jawab dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,” rincinya.

Untuk yang masuk Mimika, lanjut Yusuf, terdapat beberapa cabang olahraga jadi tanggung jawab PB PON.

“Pertama cabang olahraga atletik dimana pengadaan peralatannya dari kami di PB PON XX. Kemudian cabang olahraga futsal itu masuk di kami, bola tangan juga masuk di kami total dari 12 disiplin. Sementara 9 disiplin lainnya itu masuk Kemenpora,” lanjutnya.

Yusuf memastikan pembagian ini merupakan kebijakan Kemenpora untuk membagi 56 disiplin peralatannya yang akan dibawa ke Papua.

SEO

as