as
as

Gara-gara Ini, Ratusan KK di Abepura Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran Belakang pasar lama Youtefa

Koreri.com, Jayapura – Ratusan kepala keluarga (KK) di Distrik Abepura, Kota Jayapura harus kehilangan tempat tinggal.

Hal itu dikarenakan rumah yang mereka tempati habis dilahap si jago merah.

Kebakaran tersebut terjadi tepat di belakang Pasar Induk Regional UPTD Youtefa (Pasar Lama) RT 05 / RW 06 Kelurahan Waimhorock Distrik Abepura, Selasa (28/9/2021) siang.

Akibat dari kebakaran tersebut diperkirakan sekitar kurang lebih 400 KK kehilangan tempat tinggalnya dengan kerugian material mencapai Rp10 Miliar.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melalui Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak, S.H., M.H yang turun langsung ke lapangan membenarkan kejadian kebakaran tersebut.

Kapolsek menjelaskan, menurut keterangan saksi di lapangan, api berasal dari salah satu rumah yang ditempati saudara LA.

Diketahui, bahwa saudara LA sedang memasak yang ketika itu langsung keluar rumah karena ada urusan.

“Selang beberapa menit sdr. LA keluar rumah kemudian saksi melihat kepulan asap keluar dari arah dalam rumah, saksi kemudian mendobrak pintu rumah yang dalam keadaan tergembok dan ketika terbuka api sudah menyala besar,” ungkapnya.

Lanjut Kapolsek, karena jarak rumah yang berdekatan dan cuaca yang panas serta berangin, api cepat merembet dan membakar rumah-rumah lainnya.

“Mendapatkan laporan tersebut, kami langsung kerahkan bantuan dari AWC Brimobda Papua, AWC Polresta Jayapura Kota dan Mobil Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Jayapura untuk membantu memadamkan api,” sambungnya.

Kapolsek menambahkan, api baru berhasil dipadamkan kurang lebih empat jam oleh dua unit AWC dan Lima unit mobil Damkar.

“Kasus kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa namun akibat dari kasus kebakaran yang terjadi menyebabkan  ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal dan mengalami kerugian material. Kebakaran tersebut kini dalam penanganan Polsek Abepura,” tutupnya.

VER

as