as
as

Legislator Maluku Apresiasi Respon Cepat BPJN – BWS Antisipasi Dampak Bencana

Hatta Hehanussa4
Anggota Komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanussa

Koreri.com, Ambon – DPRD Maluku memberikan apresiasi kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dan Balai Wilayah Sungai (BWS) atas respon cepatnya mengantisipasi dampak bencana alam yang terjadi menyusul cuaca  ekstrim yang saat ini melanda wilayah tersebut.

Apresiasi disampaikan Anggota Komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanussa kepada sejumlah media di Ambon, Rabu (20/7/2022).

BPJN dan BWS sangat merespon bencana alam yang terjadi melanda Maluku terutama di beberapa wilayah seperti di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah (Malteng) dan  Kota Ambon .

“Kami DPRD mengakui respon cepat terhadap infrastruktur dibawah kewenangan dari pihak BWS Maluku, dan BPJN terhadap dampak bencana yang terjadi dan itu sudah di lakukan dengan baik. Seperti  pembuatan jembatan darurat di Waimala, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah,” akuinya.

Dampak dari cuaca ekstrim itu juga cukup banyak, diantaranya berbagai kejadian di Kota Ambon seperti longsor dan banjir dan beberapa kejadian lainnya.

“Pada hari ini kita Komisi III menggelar rapat koordinasi dengan 11 kabupaten/kota terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah, PUPR, Perhubungan, dan beberapa dinas terkait lainnya,” rinci Hatta.

Rakor ini, lanjut dia, akan segera dikoordinasikan untuk melakukan tanggap darurat.

“Harus fokus kepada soal penanganan, penyelamatan jiwa manusia dulu, dan itu fokus kita dalam rakor. Karena penanganan manusia dari rumah-rumah yang berada di lereng-lereng gunung, aliran sungai, itu segera di lakukan langkah-langkah tanggap darurat terhadap mereka,” lanjut Hatta.

Menurutnya, jika ini tidak segera diantisipasi maka dikhawatirkan akan ada lagi terjadi korban jiwa.

“Untuk itu kita lakukan rakor,” tukasnya.

JFL

as