as
as

Pangdam Pattimura Hadiri Puncak Peringatan Harkonas Maluku 2022

Pangdam Pattimura Harkonas Mal 2022

Koreri.com, Ambon – Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menghadiri acara puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 , yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (10/9/2022).

Harkonas ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, serta dengan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tujuannya adalah untuk mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas dan mengembangkan upaya perlindungan konsumen yang dilakukan di Indonesia.

as

Acara puncak yang dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Murad Ismail mempunyai makna sebagai momentum bagi para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kepedulian kepada konsumen, meningkatkan kesetaraan antara konsumen dan pelaku usaha serta mendorong masyarakat Maluku untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan konsumen berdaya beli produk dalam negeri.

Sebanyak kurang lebih 3500 orang peserta yang mengikuti acara ini berasal dari Forkopimda Maluku, organisasi Ibu- Ibu dari tiap instansi, PKK Provinsi Maluku, para ASN seluruh instansi di Kota Ambon, para pelaku usaha serta masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan sebelum acara puncak yang telah diselenggarakan antara lain pengawasan barang beredar dan jasa di Provinsi Maluku, Sosialisasi dan Edukasi, Sosialisasi Tata Niaga Depot Air Minum, dan Senam Bersama pada saat acara puncak. Terpantau di Lapangan Merdeka juga dibuka Booth Layanan Konsumen Cerdas, berbagai konseling , pengecekan kesehatan, pameran kuliner dan pembagian doorprize.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam hadir bersama sejumlah pejabat diantaranya Kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Danlantamal IX Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Dandim 1504/ Ambon dan Forkopimda Provinsi Maluku.

PDP-16

as