as
as

Komisi I dan III DPRD Maluku Temui Pj Bupati Tanimbar, Bahas Sejumlah Persoalan

IMG 20230224 WA0004

Koreri.com, Saumlaki – Ketua DPRD Maluku Benhur George Watubun, S.T bersama sejumlah Anggota Komisi I dan III berkunjung ke kediaman Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Edward Indey, S.Sos., M.Si, Selasa (21/2/2023).

Hadirnya pimpinan dan para wakil rakyat Provinsi Maluku di Bumi Duan Lolat dalam rangka kunjungan kerja sekaligus menjalankan fungsi pengawasan guna menyerap berbagai aspirasi masyarakat terkait dampak dari kejadian gempa bumi yang melanda Tanimbar beberapa waktu lalu.

as

Pj. Bupati didampingi, Sekretaris Daerah Kepulauan Tanimbar Drs. Ruben Benharvioto Moriolkossu, M.M, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah setempat.

Turut hadir pula, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K dan Badan Pertanahan serta Komisi Pemilihan Umum sebagai mitra kerja komisi.

Dalam jamuan serta pertemuan singkat tersebut, Benhur yang juga sebagai Koordinator Komisi I berkesempatan menyampaikan maksud dan tujuan pihaknya melakukan kunker ke Tanimbar.

Ia menyampaikan, hal-hal yang menjadi fokus perhatian kedua komisi ini selain menyerap aspirasi terkait daerah terdampak bencana, dimana Tanimbar menjadi pilihan pertama kunker dimaksud.

Dan dalam kunker saat ini, Komisi I datang untuk melihat secara langsung masalah-masalah infrastruktur daerah yang rusak akibat bencana.

“Kemarin karena kondisi cuaca buruk, Komisi V DPR-RI menunda kunjungan ke Tanimbar, makanya kami datang ini untuk menindaklanjuti hasil pertemuan di Ambon. Kami ingin pastikan bahwa apa yang menjadi keluhan daerah ini akan jadi bagian untuk kami perjuangkan,” janjinya.

Saat itu juga, Benhur menyinggung saat melakukan kunjungan kerja di Desa Alusi Kelan, Kecamatan Kormomolin.

Ditemui fakta miris lain yakni masalah air bersih yang sejak zaman Indonesia merdeka hingga saat ini, belum ada pembangunan apapun yang berkaitan dengan suplai air bersih bagi masyarakat desa setempat.

Benhur berharap untuk program-program kedepan harus ada sinergitas antara Kabupaten dan Provinsi. Hal itu bertujuan agar tidak ada program-program yang tumpang tindih, sehingga semua satu tujuan hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menambahkan tujuan lainnya yang sangat penting adalah masalah Pemilu.

Benhur mengungkapkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengadakan rapat bersama seluruh kepala daerah di Maluku, pihak keamanan, pihak penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu untuk membahas masalah pendistribusian tugas dan tanggungjawab tentang Pemilu agar tidak bertumpuk pada satu kabupaten atau kota maupun provinsi saja.

Sementara itu, Pj Bupati mengakui kalau Tanimbar baru pulih pasca gempa.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat berharap bahwa data yang telah dimasukkan ke provinsi terkait kerusakan dan perbaikan tentang infrastruktur maupun rumah warga yang rusak, bisa didorong oleh DPRD Maluku ke Pemerintah pusat agar secepatnya bisa dibangun.

“Melalui momen ini, sangat tepat kita gunakan untuk menyampaikan kendala dan berdiskusi bersama untuk kemajuan masyarakat,” pungkasnya.

JFL

as