as
as

Legislator RI Apresiasi Pemkot Jayapura Gagas Program Generasi Emas Port Numbay

IMG 20230301 WA0021

Koreri.com, Jayapura – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura yang tahun ini menggagas program generasi emas Port Numbay langsung mendapat respon berbagai pihak.

Salah satunya, datang dari Legislator DPR RI Yan Permenas Mandenas.

as

Ia mengapresiasi program Pemkot Jayapura yang akan memberikan pendidikan gratis dan pelayanan kesehatan gratis kepada warganya.

Mandenas yang juga merupakan anggota DPR daerah pemilihan Papua itu salut dengan program generasi emas Port Numbay yang akan mengunakan dana Otonomi Khusus (Otsus).

“Apa yang dilakukan Pemkot Jayapura hendaknya menjadi contoh bagi daerah lain di Papua.

Hal inilah yang kami inginkan sesuai dengan target kami bahwa dana Otsus dipergunakan dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk mensejahterakan orang asli Papua,” ujarnya usai melakukan pertemuan dengan Pemkot Jayapura, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Pemuda di Jayapura, Selasa (28/2/2023).

Tahun ini Pemkot Jayapura mencanangkan program sekolah gratis dengan memberikan kartu Numbay Pintar. Sementara untuk kesehatan warga Papua asal Kota Jayapura akan mendapatkan kartu Numbay Sehat demi mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

” Saya dukung penuh kalau PJ Walikota kasih sekolah dan kesehatan gratis kepada anak asli Port Numbay maupun masyarakat Papua saya akan berjuang untuk menambah dana Otsus tahun berikutnya agar program ini tetap berjalan,” Katanya.

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Frans Pekey sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak untuk merealisasikan program pendidikan gratis dan pelayanan kesehatan gratis. Kartu Numbay Pintar serta Kartu Numbay Sehat akan menjadi program prioritas Pemkot Jayapura dengan menggunakan dana Otsus tahun ini.

“Mudah-mudahan program yang kami siapkan dengan mengunakan dana Otsus yang ada bisa kita optimalkan. Kami berharap ada pembagian dana yang proposional sehingga kami bisa jalankan dengan baik,” ucapnya.

Untuk Pemkot Jayapura berapapun dana Otsus yang diberikan, Pekey mengaku siap menjalankan program prioritas yang telah mereka rencanakan tahun ini.

Karena yang terpenting baginya adalah bagaimana mengelola dana tersebut dengan baik sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

“Kami sudah terbiasa mengelola dana Otsus yang kecil. Bagi kami berapapun yang dikasih yang penting adalah cara kelolanya untuk keberpihakan bagi orang Papua,” ujarnya.

Tahun ini pasca revisi Undang-undang Otsus, Pemkot Jayapura memperoleh dana sebesar Rp169 Milliar. Penyaluran dana Otsus kini telah langsung di transfer ke kas Pemkot Jayapura tidak seperti sebelum-sebelumnya mereka harus menunggu pembagian dari Pemerintah Provinsi Papua.

RIL

as