as
as

Kodim 1504/Ambon Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Begini Pesan Dandim

IMG 20240202 WA0008

Koreri.Com, Ambon – Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat, Kodam XVI/Pattimura melalui Kodim 1504/Ambon melaksanakan kegiatan kerja bakti Jum’at Bersih yaitu pembersihan sampah di sepanjang pesisir pantai/laut, Taman Baru dan sepanjang jalan raya serta sektor umum yang ada di wilayah Kel. Air Salobar, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Jum’at (02/02/2024).

Menarik, kali ini Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial beserta PJU Kodam turut serta berpartisipasi dalam karya bakti Jum’at Bersih yang diselenggarakan oleh Kodim 1504/Ambon, sebagai wujud rasa memiliki kota ambon dengan memberikan contoh kepada seluruh prajurit Kodam XVI/Pattimura dan seluruh warga kota Ambon.

as

Dengan kerja bakti Jum’at bersih, diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan rasa kebersamaan atau gotong royong serta rasa memiliki akan pentingnya kebersihan lingkungan diwilayah Kota Ambon.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel dan pembagian sektor pekerjaan yang di pimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1504/Ambon Mayor Inf La Ala Buton, S.Ag., Danramil 1504-06/Nusaniwe Letda Inf Otis Titahena selaku penanggung jawab wilayah membagi tugas dan sektor kegiatan Jum’at Bersih yang di awali dari Route Tapal Kuda, depan Kediaman Pangdam XVI/Pattimura, taman baru, pesisir pantai/laut juga sepanjang jalan raya lintas menuju Museum Siwalima Ambon.

Kegiatan ini melibatkan TNI dalam hal ini Kodim 1504/Ambon dan jajaran, Batalyon 733 R/Masariku, Denkav 5/BLC , Kemudian Denzipur 5/CMG, Polsek Nusaniwe, Satpol PP, Siswa-siswi SMA Negeri XII Ambon, Pemerintah dan masyarakat setempat.

Personil Kodim 1504/Ambon pada hari ini melaksanakan kerja bakti Jum’at Bersih di wilayah Kecamatan Nusaniwe tepatnya di Kelurahan Air Salobar, dengan sektor pembersihan diantaranya pembersihan jalan raya umum, taman baru, areal pesisir pantai dan laut dari kotoran sampah dan rumput liar.

Dandim 1504/Ambon, Letkol Inf. Leo Octavianus MS, S.Sos., M.I.Pol., juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan contoh kepada seluruh masyarakat Kota Ambon akan pentingnya kebersihan lingkungan, ujarnya.

Lanjutnya Dandim, kalau dilihat kondisi sebelumnya, setiap harinya banyak sampah di pesisir pantai bahkan dilaut juga sektor-sektor umum, dan sekarang sudah bersih. Ujar Dandim.

“Mari kita cintai bersama laut kita, agar lingkungan bersih rapi dan terlihat indah, dan memberikan rasa nyaman, sehingga Kota Ambon ini layak dijadikan tempat atau objek wisata di semua wilayah pantainya,” himbaunya.

Untuk membersihkan sampah di areal perairan laut di dukung oleh Pemerintah setempat dengan menggunakan perahu masyarakat serta sarana dan prasarana lainnya dari dinas kebersihan Kota Ambon.

Disamping itu, bisa dilihat bersama, bahwa ini adalah suatu momen atau situasi di mana kita bisa menjalin silaturahmi antara seluruh instansi yang ada di Kota Ambon dengan Masyarakat, khususnya di wilayah kecamatan Nusaniwe, Desa Air Salobar, serta Anak Sekolah yang dilibatkan, terangnya Dandim.

“Kenapa kita melibatkan anak sekolah? Karena mereka itu adalah agen-agen perubahan bagi generasi muda kita, untuk bisa menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, ungkap Dandim.

Dalam kesempatan yang sama, Siswa SMA Negeri 12 Ambon, Wira Pratama Atasari menyampaikan kerjasama yang baik ini dapat menciptakan lingkungan bersih dan sehat serta bebas penyakit bagi masyarakat, tuturnya Wira.

Pada kesempatannya warga masyarakat Kelurahan Salobar (Ibu Ciso) juga memeberikan komentar kepada awak media bahwa menyongsong Pemilu kami selaku warga mendukung dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, dan kegiatan ini sangat bermanfaat buat masyarakat, katanya Ibu Ciso.

Dengan program Karya Bhakti Jum’at Bersih Kodim 1504/Ambon, hampir di semua sektor umum yang ada di wilayah Kecamatan Nusaniwe, umumnya di Kota Ambon, khususnya pesisir pantai, perairan laut/teluk dan sektor-sektor umum lainnya menjadi lebih indah dan bersih.

RLS

as