as
as

KPU Launching Tahapan Pilkada PBD, Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPU PBD Launching Pilkada 2024

Koreri.com, Sorong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi melaunching tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya (PBD), Jumat (3/5/2024).

Launching tahapan Pilkada yang berlangsung di Raja Ampat room, Hotel Aston Sorong dihadiri Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Dr. H. Idham Holik, S.E., M.Si, Ketua KPU PBD Andarias Daniel Kambu serta Komisioner KPU PBD Gandhi Sirajudin, S.T dan Fatmawati, S.Pd.I.

as

Turut hadir, unsur Forkopimda PBD, Ketua Bawaslu PBD serta jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten/ Kota se-provinsi itu.

Launching tahapan Pemilu serentak tanggal 27 November 2024 itu ditandai dengan penabuhan tifa oleh Korwil KPU RI untuk PBD  Dr H. Idham Holik, S.E., M.Si, perwakilan Pj Gubernur, Ketua KPU dan Bawaslu serta Forkopimda PBD.

Idham Holik dalam arahannya mengatakan, peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi PBD merupakan Pilkada yang pertama kali dilaksanakan adalah tindak lanjut dari amanah Undang-undang Pilkada, tindak lanjut dari Undang-undang 29 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya

Idham Holik yakin proses tahapan Pilkada serentak akan berjalan lancar, baik dan penuh partisipasi. Karena kesadaran pemilih pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu patut diapresiasi dan menjadi modal.

Apalagi masyarakat PBD memiliki kerukunan antara satu sama lain yang sangat harmonis, akan mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

“Dari hasil evaluasi pemilu lalu tentunya kami telah arahkan kepada teman-teman KPU Provinsi PBD beserta kabupaten/Kota untuk memastikan bahwa tahapan ini dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga misalnya dalam proses pemutakhiran data pemilih, seluruh pemilih yang berhak di wilayah Provinsi PBD itu ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ungkap Idham Holik.

Dia menegaskan, pada Pilkada nanti daftar pemilih harus lebih akurat karena DPT adalah pintu masuk untuk mewujudkan pesta demokrasi yang sukses, parsipatif karena itu penyelenggara pemilu tingkat Provinsi, Kabupaten dan kota diwajibkan meningkatkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Kegiatan ini sangat penting untuk mematangkan literasi pemilih sehingga pemilih dalam menggunakan hak pilihnya lebih berdaulat dan selanjutnya juga dalam konteks pemilih di TPS di KPU PBD itu akan terus meningkatkan kualitas pelayanan di TPS pada hari Rabu 27 November 2024.

Sementara itu, Ketua KPU PBD Andarias Daniel Kambu mengatakan, dengan launching dan peluncuran “Si Timo” sebagai Maskot Pemilihan kepala daerah (Pilkada) maka tahapan pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/ Wakil Wali Kota sudah mulai dilaksanakan.

Berkaca pada partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2024 lalu, maka KPU PBD mulai mengevaluasi dan akan meningkatkan sosialisasi melalui jajaran penyelenggara kepada masyarakat.

“Kita (KPU PBD) sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan tahapan pendaftaran calon perseorangan yaitu menerima syarat dukungan kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang dimulai tanggal 8 sampai 12 Mei 2024” pungkasnya.

KENN

as

as