as
as

Launching Tahapan Pilkwakot 2024, KPU Kota Sorong Harapkan Dukungan Semua Pihak

KPU Kota Sorong Launching Tahapan Pilkada 2024

Koreri.com, Sorong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong resmi melaunching Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024 bertempat di pelataran upacara di Kantor Wali Kota setempat, Kamis (9/5/2024).

Launching dipimpin langsung Ketua KPU Kota Sorong Balthazar B. Kambuaya yang ditandai dengan penabuhan tifa.

as

Turut hadir jajaran Komisioner KPU Kota Sorong, pejabat teras Pemkot Sorong, petinggi TNI dan Polri serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kambuaya menyampaikan komitmen pihaknya untuk melaksanakan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wawali Kota Sorong tahun 2024.

Dikatakannya, Pemilihan Wali Kota dan Wawali Kota (Pilwakot) Sorong adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat secara langsung dan demokratis.

“Termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diselenggarakan serentak secara di seluruh wilayah Indonesia,” sambungnya.

Lanjut Kambuaya, bahwa berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah ditetapkan bahwa pemungutan suara serentak nasional akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Dengan penetapan tersebut, maka KPU Kota Sorong telah resmi untuk dapat melaksanakan tahapan peluncuran pemilihan kepala daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” lanjutnya.

KPU Kota Sorong Launching Tahapan Pilkada 2024 2Dijelaskan Kambuaya, tahapan persiapan terkait program dan anggaran telah dilaksanakan pada Februari lalu yang dimulai dengan pemberitahuan dan pendaftaran.

Kemudian, KPU Kota Sorong juga telah melakukan perekrut Badan Ad Hoc tingkat bawah yaitu PPD dan perekrutan PPS.

“Jadi tahapan Pilkada Kota Sorong telah dilaksanakan berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024,” tandasnya.

KPU Kota Sorong, tegas Kambuaya, sangat mengharapkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak terutama Pemerintah daerah, aparat keamanan TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, insan Pers, pihak akademisi untuk sama-sama bergandengan tangan menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dengan aman, lancar dan baik.

“Tanpa dukungan dari semua pihak mustahil KPU kota dapat melaksanakan semua tahapan dengan baik,” tandasnya lagi.

Kambuaya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu dan memperlengkapi untuk bersama-sama menyukseskan tahapan kegiatan Pemilu di 2024 ini.

Usai launching, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba  Maskot dan Jingle Pilkada.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan beberapa artis lokal yang turut memeriahkan launching Tahapan Pilkada Kota Sorong.

ZAN

as