as
as

PAUD Handayani Ajarkan Bahasa Biak

PAUD Handayani Biak koreri
Gedung PAUD Handayani Biak

Koreri.com, Biak – Pasca menerapkan Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan sebutan K13, Lembaga PAUD Handayani Biak Numfor memasukan bahasa daerah setempat.

Salah satu tujuan dimasukkannya bahasa daerah agar anak-anak tidak melupakan identitasnya.

Tak hanya itu, Bahasa Inggris pun turut diajarkan di lembaga itu.

Plt. Kepala SPNF SKB Biak Numfor, Margaretha Singgamui, S. Pd yang dikonfirmasi membenarkan itu.

“Kondisi anak-anak sekarang ketika berkomunikasi di rumah saja mungkin ada yang tidak tahu bahasa Biak walaupun orang tua masyarakat asli setempat. Tetapi kenyataannya anak-anak tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa daerah,” paparnya.

Dalam proses pembelajarannya, lanjut Margaretha, dicoba dengan layanan yang dimulai dari hal-hal sederhana seperti salam kemudian menyapa.

“Kami juga memperkenalkan hal-hal kecil dalam Bahasa Biak agar sejak dini mereka terbiasa menggunakan bahasa aslinya. Sebagaiman juga kita perkenalkan Bahasa Inggris pada usia yang sama,” cetusnya.

Pihaknya juga melayani kesetaraan pendidikan dan kursus pelatihan termasuk juga pendidikan keaksaraan serta live skill yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, untuk peningkatan layanan khususnya PAUD telah diresmikan 3 gedung yang akan dipakai untuk mendukung seluruh aktivitas lembaga ini.

PAUD Handayani sendiri telah berubah status menjadi PAUD Holistik Integratif menyusul bertambahnya aktivitas pelayanan seperti layanan penitipan anak dan juga posyandu.

“Jadi di dalam satu PAUD ada beberapa layanan yang dilayani disana,” tukasnya.

DENS DK

as