as
as

Langgar Kesepakatan, Polisi Tolikara Amankan Sopir dan 4 Truk

Polres Tolikara Amankan truk dan Sopir web

Koreri.com, Jayapura – Polres Tolikara telah mengamankan 4 truk dan sopir di Mapolsek Karubaga yang hendak mendistribusikan sembako dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya ke wilayah itu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM. Kamal, menjelaskan kronologis kejadian berawal pada Sabtu (23/5/2020) sekitar pukul 09.20 Wit, bertempat di Jln. Irian Karubaga Kabupaten Tolikara.

Masyarakat Karubaga berkumpul di depan Kios seorang pengusaha berinisial HJ yang hendak membongkar muatan barang dari truk, kemudian di datangi oleh sekelompok masyarakat Karubaga.

Dikarenakan Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 telah memasang portal di Jalan Trans Wamena Tolikara tepatnya di Desa Minage dan telah menetapkan jadwal khusus untuk kendaraan yang boleh masuk ke Kabupaten Tolikara adalah kendaraan yang tinggal di Tolikara dan melarang kendaraan dari daerah lain masuk ke Tolikara.

Mendapatkan laporan tersebut, Kapolsek Karubaga IPDA Ishak D. I. Okoka langsung mendatangi TKP dan bertemu masyarakat serta melakukan komunikasi.

Viktor Kogoya dan Kebius Kogoya menjelaskan bahwa 4 truk tersebut adalah mobil yang tinggal di Wamena dan sopirnya juga telah lama di Wamena.

Mereka masuk ke Tolikara melewati portal yang dijaga Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tolikara pada Sabtu (23/5/2020) yang diketahui merupakan hari libur serta bukan jadwal yang telah disepakati bersama.

“Mendapati itu, sekelompok masyarakat marah dan mengamuk bahkan hendak membakar truk tersebut. Karena mereka kuatir ke 4 truk tersebut dapat saja membawa virus Corona ke Kabupaten Tolikara,” terang Kamal di Mapolda Papua, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, kemarahan masyarakat karena menduga bahwa ada oknum aparat dan oknum tim medis yang ikut membantu secara diam-diam dengan mengizinkan serta membuka portal yang di pasang sehingga dengan leluasa dan tanpa takut sedikitpun 4 truk tersebut bisa lolos masuk ke Tolikara.

Kapolsek Karubaga bersama anggota yang diback-up Danki Brimob Tolikara IPTU Suriadin, MH dan anggotanya mengamankan 4 truk bermuatan barang tersebut bersama sopir ke Mapolsek setempat guna dimintai keterangan sehubungan dengan kejadian itu.

Kapolsek menghimbau kepada masyarakat dan semua pihak yang ada di Kabupaten Tolikara agar menjaga situasi keamanan tetap kodusif.

Kejadian ini telah diserahkan ke pihak keamanan dan akan di tangani secara profesional serta akan terbuka sehingga masyarakat dapat mengetahui kejadian sebenarnya dan langkah apa yang telah dilakukan pihak keamanan dalam hal ini Polres Tolikara.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, baik tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tolikara,” kata Kapolsek.

4 truk dan para sopir sementara diamankan di Mapolsek setempat untuk dilakukan penyelidikan oleh Unit Reskrim Polsek Karubaga diback-up Sat Reskrim Polres Tolikara.

VER

as