as
as

Di Papua, Upacara HUT ke 75 Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

HuT RI Pemprov Papua

Koreri.com, Jayapura – Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-75 Tingkat Provinsi Papua yang biasanya mengambil tempat di stadion Mandala, untuk tahun ini digelar di halaman kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Tank hanya itu, upacara peringatan tersebut juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Wakil Gubernur Klemen Tinal bertindak sebagai Inspektur upacara, sementara Letkol Marinir Rian Malfi selaku komandan upacara.

Sementara yang bertugas sebagai pengerek bendera Merah Putih Barnabas Serarawani lulusan SMA Negeri 5 Jayapura, Melani Baransano sebagai pembawa bendera lulusan SMA Negeri 2 Jayapura dan Andreas Karubaba sebagai pembentang lulusan SMA Negeri 5 Jayapura.

Peserta sekitar seratusan orang terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua serta perwakilan anggota TNI dan Polri.

Wagub dalam amanatnya mengaku HUT RI ke 75 tahun ini memang pelaksanaannya berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya yang rutin dilakukan di lapangan Mandala Jayapura.

“Akan tetapi tidak mengurangi suka cita kita dalam melaksanakan upacara HUT RI ke-75, karena kita di Indonesia bagian timur yang lakukan upacara paling pertama dari daerah lain dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan,” terangnya.

Diakui Wagub, pelaksanaan HUT RI tahun ini secara kuantitas jelas berubah, karena diselenggarakan biasanya dalam jumlah orang banyak dan dilakukan di stadion Mandala.

“Namun demikian secara kualitasnya tidak berubah, kita lihat tadi semua mengikuti dengan sepenuh hati, bertanggung jawab dan semua yang berkepentingan hadir baik dari sipil maupun TNI – Polri dan semua mengikuti dengan hikmat,” sambungnya.

Wagub menegaskan Papua dapat memberikan contoh upacara peringatan HUT RI bagi daerah lain.

“Sehingga kami anggap di era Covid ini Papua berikan contoh yang baik untuk Indonesia, karena daerah lain belum upacara. Jadi kita sudah duluan, mudah-mudahan mereka menonton dan meniru Papua. Karena Papua lakukan HUT dengan hikmat dan penuh rasa tanggung jawab meski melibatkan semua pihak tetap mengikuti protokol kesehatan,” tegasnya.

Wagub berharap ini jadi penilaian yang baik bukan hanya bagi Indonesia tetapi juga masyarakat di Papua baik di gunung, lembah hingga laut, mereka turut bergembira dan tetap menjaga standar dan protokol kesehatan.

“Kedepan kita pasti akan lebih baik. Jangan jadi pesimis, Papua akan lebih dan kita semua akan lebih baik,” tukasnya.

OZIE

as