as
as

Separatis Wilayah Mamta Serahkan 4 Senpi ke Polisi, Ini Jenisnya

4 Senpi KKB Mamta

Koreri.com, Jayapura – Kelompok Separatis Bersenjata Papua yang beroperasi di wilayah Mamberamo Tabi (Mamta) membuat kejutan.

Sebanyak empat pucuk senjata api (senpi) rakitan dan belasan amunisi aktif diserahkan kepada aparat kepolisian di Kota Jayapura, Papua, Minggu (13/6/2021).

Rinciannya, yakni satu pucuk senpi rakitan laras panjang model doble silinder, satu pucuk senpi model AK 47 rakitan, satu pucuk pistol laras pendek modifikasi bersama satu butir peluru 9 mm aktif dan satu pucuk pistol airgun bersama 10 butir amunisi aktif  kaliber 5,56 mm.

Kasubdit IV Kamneg Direktorat Intelkam Polda Papua Kompol Tofan Irdiyanto dalam pernyataannya membenarkan itu.

“Penyerahan dilaksanakan pada lima hari lalu, atau tepatnya hari Minggu tanggal 13 Juni 2021 di Jayapura,” terangnya dalam rilis yang diterima di Kota Jayapura, Kamis (17/6/2021).

Penyerahan 4 senpi rakitan dan belasan butir amunisi aktif itu merupakan bagian dari operasi intelijen yang dilakukan oleh personil Direktorat Intelkam Polda Papua dalam dua bulan terakhir.

“Senpi ini diserahkan oleh sejumlah separatis yang beroperasi di wilayah Mamta yakni di Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura. Separatis yang menyerahkan itu inisialnya adalah RU, OT, MH dan IY,” rincinya.

Terkait hal ini, Tofan juga mengimbau kepada masyarakat umum yang masih memegang, menyimpan, menyembunyikan ataupun menguasai senjata api, amunisi dan bahan peledak agar segera menyerahkan kepada pihak berwajib.

“Harapannya, pihak-pihak yang masih memegang senpi dan bahan peledak, dengan secara sadar bisa menyerahkan kepada kami,” pungkasnya.

SEO

as