as
as

Tiga Paslon Diminta Ciptakan Suasana Aman Jelang PSU Pilkada Nabire

WhatsApp Image 2021 07 16 at 08.51.47
Tim Polda Papua dan Polres Nabire bertemu salah satu Paslon untuk imbau pilkada Nabire aman dan damai / Foto: RES

Koreri.com, Nabire – Direktorat Intelkam Polda Papua meminta meminta kepada tiga pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati di Kabupaten Nabire untuk ciptakan suasana yang aman dan nyaman kepada para pendukung simpatisannya jelang pemilihan suara ulang (PSU) pada 28 Juli 2021.

“Iya, imbauan ini disampaikan Pak Direktur Intelkam Polda Papua Kombes Pol Guntur Agung Supono bersama tim dan jajaran Polres Nabire saat bertemu dengan para calon kepala daerah,” kata AKP Budi Santoso, salah satu koordinator tim dari Polda Papua di Nabire, Jumat (2/7/2021).

Menurut dia, imbauan itu disampaikan kepada para calon kepala daerah di Nabire yakni kepada pasangan calon nomor urut satu Yufina Mote-H M Darwis, pasangan calon nomor urut dua Mesak Magay-Ismail Jamaludin dan pasangan calon nomor tiga FX Mote-Tabroni M Cahya serta tim sukses masing-masing.

“Para pasangan calon ini kami datangi masing-masing untuk bersilahturahmi dan juga untuk mengajak agar gaungkan pilkada yang sejuk dan aman,” katanya.

Selain itu, kata mantan Kasat Intel Merauke dan Jayapura Kabupaten itu, tim dan jajaran dari Polda Papua dan Polres Nabire bertemu dengan para penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu guna menanyakan kesiapan PSU.

“Kepada penyelenggara, tim meminta agar melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi dan menjaga marwah pemilu agar bisa berjalan netral dan aman, jauh dari keberpihakan sehingga bisa melahirkan pemimpin yang amanah,” katanya.

AKP Budi juga menyampaikan bahwa tim juga bertemu dengan Cartaker Bupati Nabire Anthon T Mote, guna memastikan bahwa pilkada di daerah itu bisa berjalan dengan baik terutama soal anggaran PSU.

“Jadi, selama beberapa hari di Nabire, tim terus bertemu dengan berbagai pihak untuk memantau dan memastikan PSU akan berjalan sesuai agenda. Serta mengajak sejumlah pihak untuk turut serta sukseskan agenda demokrasi itu,” katanya.

Sementara, saat tim bertemu dengan pasangan calon nomor urut dua Mesak Magay-Ismail Jamaludin didapatkan sejumlah saran dan masukan terkait pilkada Nabire.

“Di antaranya, Pak Mesak juga meminta dan mengajak agar masyarakat memilih sesuai hati nurani, jangan ada paksaan atau karena pesan sponsor. Nabire butuh pemimpin yang visioner dan amanah,” tutup AKP Budi, mengutip pesan Mesak Magay.

Seperti diketahui, pilkada Nabire oleh MK dinyatakan PSU karena DPT tidak logis dan valid ketika para pihak ajukan gugatan. Sehingga PSU di Kabupaten Nabire diagendakan pada 28 Juli 2021.

Pilkada Nabire terdapat tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yakni pasangan calon nomor urut satu Yufina Mote – H M Darwis, pasangan calon nomor urut dua Mesak Magai – Ismael Jamaludin dan pasangan calon nomor tiga FX Mote-Tabroni M Cahya.

RES

as