as
as

1 – 31 Agustus, Papua Tutup Total, Kecuali Ini

Peta Papua Edit kor

Koreri.com, Jayapura – Provinsi Papua bakal memberlakukan kebijakan lockdown total selama sebulan penuh dimulai 1 – 31 Agustus 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Lukas Enembe melalui Juru Bicaranya Muhammad Rifad Darus, Selasa (20/7/2021).

Gubernur meminta masyarakat Papua agar dapat melakukan persiapan dan mengantisipasi Surat Edaran kepala daerah yang akan datang.

“Sebab direncanakan bahwa Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan yang diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 1 – 31 Agustus 2021,” bebernya.

Kebijakan ini akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua pada Rabu (21/7/2021).

Kendati demikian, penutupan akses keluar-masuk provinsi di ujung timur Indonesia ini dikecualikan pada aktivitas yang berhubungan dengan PON XX Papua 2021.

Untuk itu, Gubernur mengharapkan agar Bupati dan Wali Kota se-Papua dapat menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah maupun yang akan dikeluarkan oleh Pemprov Papua.

Hal ini bertujuan untuk memperlancar persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dan lebih jauh lagi untuk menyelamatkan setiap nyawa penduduk di Tanah Papua dari ancaman virus Covid-19.

“Sebagai Tuan Rumah PON XX, Papua akan terus berupaya agar opsi kehadiran penonton dapat menyemarakkan pagelaran akbar tersebut,” tandasnya.

Gubernur juga berpesan kepada Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua agar dapat mengebut dan menambah akselerasinya dalam melakukan vaksinasi kepada seluruh warga di Papua demi tercapainya herd immunity jelang PON XX Papua 2021 yang akan diselenggarakan 73 hari lagi.

Evaluasi secara berkala terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Provinsi Papua sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Papua Nomor: 440/7736/SET akan dilakukan.

Mengingat Surat Edaran tersebut masih berlaku hingga tanggal 25 Juli 2021.

Untuk itu, Gubernur meminta kepada seluruh stakeholders terkait agar dapat bersinergi dan bergerak lebih cepat dan tepat guna memastikan situasi pandemi Covid-19 di tanah Papua tidak semakin parah.

Direncanakan, Rabu (21/7/2021) Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua akan menggelar rapat atas instruksi Gubernur guna membahas evaluasi PPKM Mikro yang tengah berlangsung dan akan berakhir pada 25 Juli 2021 nanti.

SEO

as