as
as

2021, Kejati Maluku Tuntaskan 12 Kasus Secara Restoratif Justice

Kantor Kejati Maluku kor
Gedung Kejaksaan Tinggi Maluku / Foto : Istimewa

Koreri.com, Ambon – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku di sepanjang 2021, telah menyelesaikan 12 perkara secara “restoratif justice” (keadilan restoratif) pada berbagai kejaksaan negeri sehingga tidak berlanjut sampai ke tingkat pengadilan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Undang Mogupal.

“Penghentian tuntutan berdasarkan keadilan restoratif yang kami tangani sebanyak 12 perkara tahun kemarin, sementara tahun 2020 ada 11 perkara,” terangnya di Ambon, Jumat (7/1/2022).

Menurut Mogupal, penyelesaian perkara itu tidak harus bermuara ke pengadilan tetapi ada sejumlah syarat yang ketat dan harus dipenuhi, seperti ancaman hukuman di bawah lima tahun, para pihak dalam hal ini korban dan pelaku sudah saling memaafkan, mendapat dukungan masyarakat sekitar.

“Kalau sudah ada perdamaian seperti ini maka jaksa menempuh langkah ‘restoratif justice’ tetapi keputusan hukumnya ada pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum Kejagung RI,” ucapnya.

Sementara itu, Kajati dalam kesempatan itu juga menyampaikan pihaknya sapanjang 2021 melakukan penyelamatan keuangan negara dari penanganan berbagai perkara sebesar Rp9,2 miliar.

“Penyelamatan tersebut berasal dari bidang pidana khusus sebesar Rp1,3 miliar, bidang intelijen Rp4,2 miliar, dan bidang perdata dan tata usaha negara Rp3,6 miliar,” tambahnya.

ZAN

as