as
as

Danlantamal IX Ambon Hadiri Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Batak Maluku

Danlantamal IX Ambon Halal Bihalal Kerukunan Batak Mal

Koreri.com, Ambon – Dalam rangka mempererat tali silahturahmi dan memelihara kerukunan hidup antar umat beragama di Provinsi Maluku, Danlantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T menghadiri acara Halal Bihalal yang digelar Pengurus Pusat (PP) Pardomuan Batak Provinsi Maluku, bertempat di Auditorium Kampus Unpatti, Poka, Teluk Ambon, Kota Ambon. Sabtu (21/5/2022).

Tema yang diusung “Dengan Semangat Falsafah Adat Dalihan Na Tolu, Sucikan Hati Dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi Antar Warga Batak dan Keluarga di Perantauan”.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan laporan Ketua Panitia Kolonel Anggit Tambunan, serta hiburan dari artis Trio Ambisi yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan sambutan pertama dari Ketua Umum Pengurus Pardomuan Batak – Hikamsu Provinsi Maluku Dr. Ir. R. B. D. Sormin, M. Si., menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada para tamu undangan yang hadir.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak ibu dan saudara yang sudah hadir dalam undangan Halal Bihalal hari ini, dan tak lupa pertama-tama sebagai umat yang beriman dan beragama kepada Tuhan Yang Maha Esa patutlah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena cinta dan kasihnya memungkinkan kita dapat mengikuti acara ini,” sambungnya.

Sormin juga menjelaskan arti dari filosofi adat Dalihan Na Tolu dalam acara tersebut yaitu kesetaraan, kebersamaan dan saling menghormati.

“Menjadi makna yang Hakiki dari falsafah adat Dalihan Na Tolu yaitu kebersamaan, saling menghormati dan juga kesetaraan antar sesama”, tuturnya.

“Kami berharap acara ini terus berlanjut dan berkesinambungan, dan bisa dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya”, tukas Sormin.

Ketua MUI Maluku Dr. H. Abdullah Latuapo, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan rasa bangga dan terima kasih atas undangan Halal Bihalal tersebut.

Dirinya berharap semoga dengan adanya acara ini, bisa memupuk rasa saling menghormati dan menghargai serta menumbuhkan kerukunan antar sesama umat beragama.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon juga berkesempatan menyampaikan sambutannya.

“Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir serta rasa bangga kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara Halal Bihalal ini dengan sukses,” ucapnya.

“Dimana bumi di pijak disitulah langit di junjung,” tandas Pangdam dalam acara Halal Bihalal yang di gelar oleh Pengurus Pusat Pardomuan Batak Provinsi Maluku.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan secara simbolis kepada perwakilan anak yatim piatu, serta tausiah agama Halal Bihalal yang disampaikan oleh Dosen IAIN Ambon Ustadz Dr. Abidin Wakano, M. Ag.

Dalam tausiah agama tersebut, disampaikan bahwa makna halal bi halal pada dasarnya adalah sebagai ajang silaturahmi dan saling hormat menghormati antar sesama umat beragama agar tercipta kerukunan hidup antar umat beragama.

“Selain itu juga sebagai sarana menyambung silaturahmi,” tandasnya.

Turut hadir dalam giat tersebut, Irwasda Polda Maluku, Kapolresta Ambon, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Ketua Umum Hikamsu Provinsi Maluku, para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tamu undangan terkait.

LIX

as