Pengalaman dari Biak, Pemuda Ini Dipercaya Kelola Taman Wisata Pohon Pinus Malino

Anto, pemuda asal Biak (kanan) yang kini dipercaya mengelola tempat wisata taman pohon pinus Malino, Sulawesi Selatan

Koreri.com, Malino – Salah satu objek wisata di Malino, Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi wisatawan domestik bahkan luar negeri yakni Taman Wisata Pohon Pinus.

Taman ini terletak di ketinggian perbukitan yang membuat suasana pada kawasan tersebut sangat sejuk dan dingin.

Ternyata Anto, pengelola tempat wisata taman pohon pinus ketika ditemui media ini, Jumat (24/6/2022) punya kisah yang sangat menginspirasi.

Menurutnya, taman wisata ini telah menjadi suatu anugerah baginya dan keluarga.

“Jadi, masa kecil saya itu saya habiskan di Biak Numfor tetapi ketika menikah saya bersama keluarga pindah ke sini (Malino, red) sekedar mengadu nasib. Tetapi saya berterima kasih kepada Tuhan dan kepada mantan Bupati almarhum Bapak Yusuf Melianus Maryen karena melalui idenya yang dilaksanakan di Biak Numfor itu kemudian saya lanjutkan ke Malino hingga akhirnya saya dipercaya kelola tempat wisata ini,” kisahnya.

Semasa di Biak kala itu, tengah gencar-gencarnya dilakukan bank sampah. Maka ketika berada di Malino, dirinya mencoba membuat bank sampah. Ternyata itu menjadi perhatian pemerintah setempat sehingga kemudian berujung pada kepercayaan diberikan kepadanya untuk mengelola Taman Wisata Hutan Pinus ini.

“Kepada saudara-saudara yang sempat datang ke Malino, mampirlah di Taman Wisata Pohon Pinus. Terlebih yang dari Papua dan yang terlebih khusus dari Biak Numfor, karena tempat ini dibangun semuanya karena pengalaman yang didapat dari Biak Numfor Papua,” beber Anto dengan penuh semangat.

Dia juga mengaku bangga masa kecilnya dihabiskan Biak.

“Adik-adik saya masih ada di Biak dan sampai kapan pun saya tetap adalah anak Biak Papua,” ucap Anto dengan penuh haru.

Secuil pengalaman bisa dipetik dari kisah seorang pemuda Anto yang mulai sukses di Malino berkat pengalaman yang didapat di Biak Numfor.

HDK