as
as

Pj Gubernur Teteskan Air Mata Kenang Perjuangan Hadirnya Provinsi Papua Barat

WhatsApp Image 2022 10 11 at 10.37.59 2
Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si bersama rombongan Ziarah ke makam Mantan Gubernur Pertama Papua Barat Alm Abraham Oktovianus Atururi di TMP Trikora Sanggeng Manokwari, Selasa (11/10/2022).(Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari– Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Provinsi Papua Barat tepatnya 12 Oktober 2022, Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Trikora Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Selasa (11/10/2022).

Upacara ziarah ini diikuti Sekda Dr Nataniel D. Mandacan,M.Si dan sejumlah pimpinan OPD dan ASN di Pemerintah Provinsi Papua Barat,  Penjabat Gubernur Drs Paulus Waterpauw,M.Si bertindak sebagai inspektur upacara berlangsung khikmah.

Setelah peletakan karangan bunga, dilanjutkan dengan tabor bunga pada makam Gubernur pertama Papua Barat Brigjen Marinir (Purn) Abraham Oktovianus Atururi di TMP Trikora Sanggeng, Manokwari.

Kemudian Pj Guberbur Papua Barat bersama rombongan melakukan tabor bunga di makam mantan Wakil Gubernur Drs Rahimin Katdjong,M.Ed, Tokoh Pemekaran Irian Jaya Barat Jimi Demianus Ijie,S.H dan istri gubernur pertama Papua Barat Almarhumah Julieta D. Ximenes di Taman Bahagia Manokwari, selanjutnya dilanjut ke kuburan umum Kwawi dan Pasir Putih.

WhatsApp Image 2022 10 11 at 10.37.59 1
Pj Gubernur Papua Barat bersama rombongan Ziarah ke Kubur Mantan Wakil Gubernur Papua Barat Alm Drs Rahimin Katdjong,M.Ed di Taman Bahagia Manokwari, Selasa (11/10/2022).(Foto : KENN)

Kepada awak media, Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pejuang yang dengan semangat dan perjuangan berat sehingga hadirnya Provinsi Papua Barat sampai saat ini telah berusia 23 tahun.

“Rasa syukur dan terima kasih kami kepada para pejuang dengan semangat sehingga sukses menghadirkan Provinsi Papua Barat, sekarang mereka sudah tidak ada tetapi semangat itu masih ada dan dilanjutkan oleh generasi anak bangsa di provinsi ini,” urai Waterpauw sambil meneteskan air mata.

Waterpauw mengatakan, meski pada saat perjuangan Provinsi Irian Jaya Barat Dia masih berpangkat Perwira Menengah dan bertugas di Mabes Polri, namun mengikuti secara saksama proses pergolakan politik, mantan Gubernur mendiang Abraham Oktovianus Atururi bersama rombongannya meyakinkan pemerintah pusat bahwa Irian Jaya Barat bisa berdiri sendiri.

Maka dengan disahkannya rancangan undang-undang menjadi Undang-undang nomor 45 tahun 1999 maka secara sah Provinsi Irian Jaya Barat (saat ini Papua Barat) dimekarkan dari Provinsi induk Irian Jaya (saat ini Papua).

WhatsApp Image 2022 10 11 at 10.37.59
Pemerintah Provinsi Papua Barat laksanakan ziarah di TMP Trikora Sanggeng Manokwari, Selasa (11/10/2022) dalam rangka HUT Provinsi Papua Barat ke-23 (Foto : KENN)

Perjuangan hadirnya Provinsi Papua Barat ini juga tidak terlepas dari peran Mantan Gubernur Drs Dominggus Mandacan,M,Si yang pada saat itu masih menjabat sebagai Bupati Manokwari dan menerima Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat.

Watermpauw mengatakan, para generasi muda di Papua Barat harus banyak belajar tentang bagaimana kepemimpinan para pejuang provinsi ini, relasi serta komunikasi yang mereka bangun.

“Teladanilah semangat para pendahulu kita, mari kita bergandengan tangan untuk sama-sama membangun Provinsi Papua Barat lebih maju kedepan dalam semua bidang yang berpihak kepada masyarakat,” himbau Waterpauw.

KENN

as

as