as
as

Sukseskan Ketahanan Pangan, Kodim Yahukimo Dampingi Petani Jagung Di Dekai

WhatsApp Image 2022 10 13 at 17.41.19

Koreri.com, Dekai – Personel Kodim 1715/Yahukimo beserta Babinsa Koramil 1715-06/Dekai melakukan pendampingan kepada petani jagung guna mensukseskan Program Pemerintah di Bidang Ketahanan Pangan, di Kampung Lokbon, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Kamis (13/10/2022).

Lahan seluas 1 Ha yang ditanami jagung ini dikelola secara bersama-sama antara TNI dari Kodim 1715/Yahukimo dan petani Kampung Lokbon.

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf J. Victorianus Tethool saat dihubungi menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh prajuritnya merupakan salah satu upaya dalam menjaga dan meningkatkan produksi pertanian di wilayah Kab. Yahukimo.

“Dilahan seluas 1 Ha ini kita kelola semaksimal mungkin bersama masyarakat. Sedangkan untuk memastikan hasil panennya nanti bisa maksimal, kita terus melakukan pendampingan. Pendapingan yang dilakukan ini juga sebagai monitoring kendala apa yang sedang dihadapi oleh para petani di wilayah kami,” katanya.

Sampai saat ini, lanjut Dandim, kendala yang dihadapi oleh petani yakni gangguan dari binatang seperti Babi Hutan yang masuk ke lahan dan memakan tanaman jagung.

“Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para petani. Untuk itu, kita akan mencari solusi terbaik dalam mengatasi hal ini,” ujar Dandim.

Hal senada turut disampaikan oleh salah satu petani Bapak Mus. Pihaknya menuturkan kondisi lahan yang berada di tengah hutan seperti ini seringkali tanaman jagung di rusak oleh Babi hutan.

“Untuk saat ini, lahan jagung sudah di Pagari dengan kayu dan ada petani lain yang menjaga ladang jagung secara bergantian, sehingga mengurangi gagal panen,” pungkasnya.

REM-172

as

as