DPD HPJI Maluku Sosialisasi Soal Jalan di SMPN 7 Ambon

Koreri.com, Ambon – DPD HPJI Provinsi Maluku melakukan kegiatan sosialisasi bagi siswa-siswi SMPN 7 Ambon dalam menyongsong hari jalan dan turut mensukseskan KRTJ – 15.

Sosialisasi berlangsung di ruang rapat SMPN 7 Ambon, Kamis (24/11/2022) yang paparannya diberikan langsung oleh ibu Telly Capenberg.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Kepala SMPN 7 Ambon Drs. Nikolas Wattimury.

Pantauan lapangan, pemutaran video dilakukan bagi siswa SMPN7 Ambon agar bisa memahami bagaimana pekerjaan jalan berlangsung dan bagaimana pekerjaan itu selesai yang memakan waktu penyelesainya.

Sosialisasi itu berjalan dengan lancar dan dinikmati para siswa yang diselingi tanya jawab agar mereka bisa mengerti dan lebih jelas tentang jalan.

“Tadi saya sudah menyampaikan beberapa hal penting terkait pengenalan jalan, yang sudah disosialisasikan kepada para siswa,” ungkap Telly, yang dikonfirmasi usai kegiatan sosialisasi, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, sosialisasi terkait pengenalan jalan itu dimulai dari bagaimana cara membuat jalan sampai akses jalan itu bisa jadi, kemudian lahan yang dibuka, material yang dibawa, seta kendaraan yang digunakan selama membuka area jalan baru.

“Semua soal pengenalan jalan sudah kita sampaikan,“ tandasnya.

Dan setelah itu, pihaknya juga menjelaskan bagaimana cara pemanfaatan jalan yang meliputi, Rumaja (Ruang Manfaat Jalan), Rumija (Ruang Milik Jalan), dan Ruwasja (Ruang Pengawasan Jalan).

“Itu harus menjadi perhatian bagi masyarakat, agar mereka juga tahu bahwa jalan ini dibangun disamping jalan itu ada pembuangan, ada gorong-gorong, dan ada trotoar.  Untuk trotoar sendiri itu terdapat ruas-ruas pelindung jalan, yang mana jika suatu saat ada pelebaran, ruas-ruas itu sudah siap untuk dipakai,” urainya.

Telly berharap, lewat sosialisasi ini nantinya ada keinginan dari para siswa untuk menjadi seorang sarjana teknik sipil yang peduli terhadap lingkungan dan juga siap untuk membangun Maluku kedepan.

“Semoga lewat sosialisasi ini anak-anak mau berkarya bersama dengan Kementerian PUPR untuk membangun jalan dan jembatan,” pungkasnya.

Sementara Wakasek SMPN 7 Ambon dalam pernyataannya mengakui dari giat sosialisasi ini juga anak-anak bisa tahu bahwa jalan yang selama ini mereka lewati itu di bangun oleh Pemerintah. Kemudian, ada pembagian jalan yang dibangun oleh Pemerintah pusat dan ada jalan yang menjadi kewengan Provinsi serta Kabupaten/Kota.

“Maka dengan sosialisasi ini, mereka bisa mengetahui masalah dengan jalan, juga mengetahui arah tujuannya untuk mengampaikan keluhan maupun permohonon-permohonan terhadap berbagai kerusakan yang mereka dapatkan di jalan. Sosialisasi ini juga menjadi pembelajaran bagi kita semua bukan saja untuk siswa SMPN 7 Ambon, tapi ini juga lebih penting bagi masyarakat Maluku agar mereka bisa mengetahui jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab Balai maupun tanggung jawab Provinsi atau Kabupaten/Kota agar tidak salah,” tandasnya.

Harapan Wakasek, sosialisasi ini selain diberikan kepada siswa juga kepada masyarakat agar bisa mengetahui kemana mereka harus menyampaikan keluhan atau permohonan kepada Pemerintah menyangkut jalan yang dilintasi.

Ditempat yang sama, salah satu Siswa SMPN 7 Ambon Dalvesya Lalom sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh BPJN Maluku.

Menurut dia, dengan sosialisasi ini dirinya bisa mendapat informasi yang lebih tentang pembangunan dan penanganan jalan.

“Informasi ini sangat bagus bagi kita. Karena yang tadinya kita tidak tahu mengenai jalan namun dengan sosialisasi ini, saya bisa tahu dan mengetahui banyak jenis jalan dan ada peraturan yang ditetapkan oleh BPJN Maluku,” akuinya.

Dalvesya juga secara khusus menilai bahwa selama ini pihak BPJN Maluku bekerja keras untuk kepentingan masyarakat di daerah ini.

“Kita harus bersyukur atas semua usaha dan kerja keras BPJN Maluku dalam melaksanakan pembangunan infrastuktur di daerah ini. Dan juga sosialisasi ini sangat bermanfaat buat kita semua,” pungkasnya.

JFL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *