as
as

Kepala BWS Maluku Pimpin Upacara Peringatan Hari Bakti PUPR ke 77 Tahun

Upacara Hari Bakti PUPR 77 Tahun

Koreri.com, Ambon – Tanggal 3 Desember 2022 merupakan hari bersejarah bagi seluruh insan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu terlihat dengan digelarnya upacara memperingati Hari Bakti PUPR ke 77 Tahun dengan mengusung tema “77 Tahun Hari Bakti Sigap Membangun Negeri”.

as

Upacara yang berlangsung di halaman kantor Satker PJN Wilayah I Provinsi Maluku, Sabtu (3/12/2022) pagi dipimpin langsung Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) setempat Marvan Ranla  Ibnu, ST, MT.

Turut hadir, semua pihak yang berada dijajaran Kementrian PUPR khususnya di Maluku.

Di momen peringatan tersebut, turut pula dibagikan bingkisan kepada para pensiunan Kementrian PUPR yang ada di wilayah Maluku dan juga pemberian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba yang diadakan dalam rangka hari bakti tersebut.

Mengawali sambutannya yang dibacakan Kepala BWS Maluku, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo mengajak seluruh staf dan para pegawai Kementrian PUPR Provinsi Maluku untuk sejenak mengheningkan cipta guna mendoakan arwah para Pahlawan Sapta Taruna, para senior, dan keluarga besar Kementerian PUPR.

“Mereka yang telah mendahului kita berpulang ke Rahmatullah, semoga seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT,” ajaknya.

Dikatakan Menteri, satu hal yang dirasakan dari berbagai upaya yang telah dilakukan para insan PUPR adalah semakin besarnya kepercayaan publik kepada instansi tersebut.

Upaya membangun kepercayaan itu tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi merupakan buah dari kerja keras dan upaya perbaikan terus-menerus bagi seluruh jajaran Kementerian PUPR.

“Saya ingin upaya ini melembaga, menjadi nafas dan semangat setiap Insan PUPR dimanapun berada untuk selalu membangun infrastruktur yang berkualitas baik, berestetika tinggi, dan ramah lingkungan untuk keberlanjutan,” harapnya.

Menteri menjelaskan juga bahwa sepanjang 2022 ini, Kementerian PUPR mendapatkan penugasan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung beberapa agenda internasional di tanah air.

Pertama, dalam rangka mendukung Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, Kementerian PUPR telah berhasil menyelesaikan Penataan Kawasan Tahura Mangrove sebagai showcase respon Indonesia menghadapi perubahan iklim, Penataan Jalan Akses Menuju Apurva, Penataan Landscape Bundaran Ngurah Rai, Penataan Kawasan GWK, Rehabilitasi Waduk Muara, dan Pembangunan Embung Sanur. Hasilnya banyak mendapat apresiasi dan menjadi faktor penentu keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 tersebut.

Adapun Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) setelah dibangun dan dibuka pertama kalinya tahun 1975 silam. Wajah TMII kini telah berubah total, lebih segar, lebih hijau dan terkesan lebih luas. Marwah TMII sebagai icon dan destinasi wisata kerakyatan Kota Jakarta, seperti Kawasan GBK dan Kebun Binatang Ragunan, telah kita pulihkan kembali.

Penataan Kawasan Labuan Bajo, termasuk Pulau Rinca, yang dilengkapi dengan berbagai kelengkapan infrastrukturnya untuk menyambut ASEAN Summit 2023. Labuan Bajo telah berubah wajahnya dan menjelma menjadi destinasi wisata premium dan magnet baru wisatawan dalam dan luar negeri.

Penataan Kawasan Mandalika yang juga dilengkapi dengan berbagai infrastruktur penunjang pariwisata telah menjadi faktor kunci kesuksesan penyelenggaraan Event MotoGP 2022. Mandalika kini telah sangat siap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan event-event internasional lainnya.

Kementerian PUPR pun terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi program strategis dan prioritas nasional, seperti Bendungan, Jalan Tol, Irigasi, Sistem Penyediaan Air Minum dan Program Satu Juta Rumah pada tahun 2022 ini.

Secara singkat, 9 bendungan akan bisa kita selesaikan (antara lain Semantok, Ciawi, Sukamahi dan Beringin Sila); 167 km panjang jalan tol baru pada 13 ruas dapat kita operasikan antara lain, Taba-Pananjung, Cibitung-Cilincing dan Pekanbaru-Pangkalan); 75 ribu hektar jaringan irigasi baru; dan 230 ribu hektar rehabilitasi jaringan irigasi dapat kita tuntaskan.

Selain itu, 3 SPAM besar pun siap difungsikan (Durolis, Banjar Bakula, dan Kali Dendeng), 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) siap dibuka untuk para pelintas (antara lain di Serasan, Yetetkun dan Jagoi Babang). Pembangunan rumah, baik rumah susun, rumah khusus, maupun rumah swadaya dan dukungan prasarana-sarana utilitas untuk rumah bersubsidi telah mendekati target 1 juta rumah.

Keenam, Kementerian PUPR terus melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT) pada tahun 2022 ini untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan membantu menyediakan lapangan kerja bagi 611 ribu jiwa.

“Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas telah turut serta secara nyata dalam upaya memelihara optimisme pemulihan ekonomi pasca Pandemi COVID-19, serta menjaga kepercayaan publik kepada pemerintah Sepanjang tahun 2022 ini,” paparnya.

Menteri menandaskan, untuk mengakhiri peringatan Hari Bakti PUPR ke-77, merupakan momentum bagi seluruh keluarga besar Kementerian PUPR untuk terus meningkatkan nilai-nilai dan semangat untuk menjaga kekompakan, disiplin, militansi, pengabdian, dan sportivitas dalam bekerja seperti yang diperlihatkan dalam Pelatihan Bela Negara.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, pegawai, jajaran dan seluruh mitra kerja Kementerian PUPR atas kinerja dan dedikasinya di tahun ini,” pungkasnya.

JFL

as