as
as

Proses PAW Wabup Pegubin Tercepat di Tanah Papua, Ini Kata Bupati Spei

IMG 20230208 WA0069
Bupati Pegubin Spei Yan Bidana pose bersama Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin usai pelantikan di kantor Pj Gubernur Papua Pegunungan, Wamena, Rabu (8/2/2023) / Foto: Gusti MR

Koreri.com, Wamena – Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Spei Yan Bidana, mengapresiasi pelantikan Kris Bakweng Uropmabin, ST sebagai Wakil Bupati Pengganti Antar Waktu (PAW) oleh Pj Gubernur Papua Pegunungan di Wamena, Rabu (8/2/2023).

“Selamat dan proficiat kepada adik Wakil Bupati yang dilantik. Selamat datang di dunia eksekutif. Mari kita gandeng tangan untuk bangun Pegunungan Bintang,” ajaknya di Wamena.

as

Menurut Bupati Spei, sejak meninggalnya Wabup Piter Kalakmabin, dirinya langsung merespon aspirasi keluarga dan masyarakat untuk mempercepat proses pergantian Wabup yang baru tahap demi tahap demi mendukung roda pembangunan.

“Ini termasuk proses pergantian kepala daerah tercepat di Tanah Papua. Kita bisa lihat beberapa kabupaten lain, ada yang sampai tiga tahun, bahkan ada yang terpaksa dibatalkan karena telah lewat dari batas enam bulan sebelum masa jabatan berakhir.

Puji Tuhan semua niat baik dan perjuangan kita bisa terjawab hanya dalam 1 tahun saja,” tandasnya di Wamena usai pelantikan.

Dengan dilantiknya Wabup Kris, ada distribusi sebagian tugas dan tanggung jawab yang selama ini dipikulnya sendiri sehingga mereka bisa bersama-sama bekerja untuk menyukseskan visi misi SEPTE yakni Menuju Sehat, Cerdas, dan Mandiri Ekonomi Berbasis Budaya dan Tata Ruang.

Politisi yang baru saja dilantik menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan ini menegaskan, Kabupaten Pegubin yang sangat luas dengan 34 distrik dan kondisi geografis yang sulit membutuhkan sosok pemimpin muda dan energik.

“Wabup ini anak muda dan sudah jadi anggota DPRD Pegunungan Bintang. Jadi saya kira dia bisa topang saya melaksanakan roda pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan,” tegasnya.

Bupati Spei menambahkan, proses PAW Wabup Pegubin yang sangat cepat adalah bagian dari komitmen dan pencapaian kerjanya dalam membangun demokrasi dan politik yang sehat di Bumi Okmin.

Terbukti, ancaman terjadinya gesekan akibat adu kepentingan berbagai pihak merebut posisi ini, sanggup diredamnya.

“Semua aspirasi yang datang kita tampung dan kita proses sesuai mekanisme yang berlaku. Inilah jawabannya sehingga esok bisa digelar pelantikan. Sekali lagi selamat bertugas adik Kris,” tutup mantan Kepala Bappeda Pegubin ini.

MAS

as