as
as

Peringati HBDI ke 115, IDI Aru Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Dusun Lamerang

IDI Aru Gelar Pemeriksaan Kes Gratis

Koreri.com, Dobo – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) yang jatuh pada tanggal 20 Mei setiap tahun.

Berbagai karya nyata telah banyak diberikan IDI di dalam pembangunan kesehatan Indonesia.

as

Hal tersebut merupakan bentuk darma bakti para anggota sebagai individu, maupun IDI secara organisasi untuk berbakti pada negeri.

Kali ini, IDI Kepulauan Aru melaksanakan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di Dusun Lamerang, Desa Wokam Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Sabtu (20/5/2023).

Ketua IDI Kepulauan Aru, dr. Erfina Lim, Sp. PK mengatakan bahwa di mome HBDI yang ke 115 tahun ini, pihaknya melaksanakan kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat khususnya warga yang telah lanjut usia (Lansia) dengan mengusung tema “Dokter Indonesia untuk Rakyat Indonesia”.

Kegiatan ini dikhususkan dalam pemeriksaan kesehatan bagi lansia berupa pemeriksaan glukosa untuk skrining penyakit diabetes melitus dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Disamping itu, pengobatan anak juga dilakukan oleh dr. Stefan Suharto, Sp.A.

“Masyarakat yang melakukan pemeriksaan kesehatan berjumlah 85 orang yang terdiri dari pasien umum dewasa 72 orang, anak 10 serta kunjungan rumah 3 orang,” ucap dr. Lim.

dr. Nana sapaan akrabnya ini juga menyampaikan, organisasi dokter di Kabupaten Kepulauan Aru dalam hal ini IDI setempat adalah beranggotakan dokter-dokter yang tersebar di seluruh wilayah yang berbatasan laut dengan Australia itu.

“Saat ini anggota kami berjumlah 61 orang,” beber Ketua IDI Aru.

Selain itu, lanjutnya, tema dari HBDI ini adalah dokter Indonesia untuk rakyat Indonesia, dan kegiatan ini sebagai tanda dan rasa pengabdian kami yang berprofesi dokter di Kabupaten Kepulauan Aru.

Menurutnya, fokus kegiatan IDI Kepulauan Aru di dusun Lamerang adalah pemeriksaan kesehatan lansia antara lain pemeriksaan gula darah dan cholesterol, karena penyakit diabetes melitus, hipertensi dan PJK merupakan penyebab kematian terbanyak.

IDI Aru Gelar Pemeriksaan Kes Gratis 2“Penyakit -penyakit ini bila ditemukan di awal penyakit dan di control dengan baik sehingga dapat mencegah komplikasi yang dapat menyebabkan kematian,” ujar dr. Lim.

Untuk itu, kata dr. Lim sangat penting untuk pemeriksaan kesehatan walaupun tidak dalam keadaan sakit, karena kebiasaan masyarakat disini tunggu sudah sakit parah baru cari kesehatan, padahal seringnya sudah terlambat karena organ-organ sudah terlanjur rusak.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa memberikan sumbangsih bagi masyakarat, pentingnya pemeriksaan kesehatan lansia untuk kualitas hidup hari tua yang lebih baik.

“Kami juga ucapkan terimakasih kepada kepala desa Wokam yang mendukung penuh acara ini, juga beberapa sponsor PT. Gatra Persada, PT. Citra Tunas Medika, PT. Anugrah Salman Medika dan Bank rakyat Indonesia (BRI), semoga Tuhan selalu memberkati kita semua dan diberikan kesehatan,” pungkas Ketua IDI Kepulauan Aru.

Sementara itu, Pjs Kades Wokam Cici Manutilaa menyambut baik upaya IDI yang dinilai telah banyak membantu pemerintah dalam bidang kesehatan.

Ia juga memberikan ucapan selamat kepada IDI Kepulauan Aru yang merayakan Hari Bakti Dokter Indonesia yang ke-115.

“Semoga tetap menjadi organisasi profesi yang dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru,” ungkapnya.

Salah satu warga dusun Lamerang, mama Eci Rumtily (64) mengaku senang bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dari IDI Kepulauan Aru. Ia berharap nantinya kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Terimakasih IDI Kepulauan Aru yang telah datang disini untuk memeriksa kesehatan kami, Tuhan Yesus memberkati dokter-dokter di Kepulauan Aru ini semoga diberikan kesehatan dan kekuatan untuk pengabdiannya di Jargaria ini,” tutup Rumtily.

RIL

as