as
as

Kantor Imigrasi Biak Gelar Rapat TIMPORA di Waropen, Tingkatkan Koordinasi dan Sinergitas

Imigrasi Biak Rapat TIMPORA Waropen2

Koreri.com, Waropen – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak melaksanakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Kabupaten Waropen, Jumat (26/5/2023).

Rapat yang berlangsung di Gedung Klasis GKI Waropen ini guna menciptakan koordinasi dan sinegritas yang produktif dengan instansi terkait di wilayah itu.

as

Hadir pada rapat tersebut, Bupati Waropen yang diwakili oleh Pj. Sekda Jaelani, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat Yosafat Boari.

Turut hadir, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Edward Infaindan dan pejabat Kanwil Kemenkumham Papua diantaranya Kasubid Perizinan Keimigrasian Agustinus Makabori dan Kasubid Informasi Keimigrasian Sasmita Adhytya.

Kemudian dari Rumah Detensi Imigrasi Jayapura diwakili Kasi Perawatan dan Kesehatan Selskan Horry Watory dan Kasubsi Administrasi dan Pelaporan Yustinus Saleppang.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Waropen dan TNI-Polri.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Janny Herold Maturbongs dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan rapat TIMPORA Tingkat Kabupaten Waropen ini dapat terciptanya saling koordinasi dan sinergitas yang produktif antar instansi yang mempunyai tugas dan fungsi pengawasan orang asing.

“Dan setiap orang asing yang berada dan melakukan kegiatan di Kabupaten Waropen dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Imigrasi Biak Rapat TIMPORA Waropen4Ucapan terima kasih disampaikan kepada para peserta dan undangan yang telah menghadiri kegiatan ini terlebih kepada Pj. Sekda yang meluangkan waktu untuk hadir serta membuka rapat TIMPORA Tingkat Kabupaten Waropen.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat pengawasan terhadap orang asing dan saling menukar informasi yang berkaitan dengan keimigrasian dan instansi terkait lainnya,” tandasnya.

Pj. Sekda Waropen Jaelani dalam sambutannya mengakui pentingnya rapat TIMPORA tersebut.

“Kegiatan ini sangatlah penting karena Kabupaten Waropen sebagai salah satu daerah yang punya daya tarik tersendiri sehingga tidak menutup kemungkinan banyak orang asing akan datang ke sini. Banyak orang tidak tahu orang asing itu darimana asalnya, latar belakangnya apa serta tujuannya apa?” bebernya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan sinergitas dengan OPD, TNI-Polri untuk bersama-sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak menjaga dan mengontrol aktivitas orang asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Waropen.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Imigrasi Biak Rapat TIMPORA Waropen3Sementara itu, dalam pemaparannya, Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Janny Herold Maturbongs memberikan Informasi terkait WNA yang berada di wilayah Kabupaten Waropen.

Selanjutnya kegiatan pemaparan dilanjutkan oleh pemateri Selskan Horry Watory dari Rumah Detensi Imigrasi. Dalam paparannya membahas mengenai tugas dan fungsi Rumah Detensi Imigrasi hingga Pengungsi/Pencari Suaka.

Sebelum kegiatan TIMPORA ditutup, dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Edward Infaindan menyampaikan harapnnya.

“Besar harapan kami dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak bahwa kegiatan ini kedepan dapat memberikan manfaat dan sebagai wadah agar setiap peserta dapat memberikan saran dan masukan terkait pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsinya serta saling bersinergi sehingga pelaksanaan pengawasan orang asing dapat berjalan dengan optimal dan dapat mencegah dampak buruk dari keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Waropen demi menjaga tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tukasnya.

HDK

as