as
as

Hadiri Expo Kerajinan Siswa/i SMK se-Maluku, Widya Pratiwi Sampaikan Harapannya

Gubmal Widya Expo Kerajinan Siswa SMK Mal

Koreri.com, Ambon – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku menyelenggarakan kegiatan Expo Hasil Kerajinan Siswa/Siswi SMK se-provinsi itu, bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (24/8/2023).

Giat tersebut masih dalam rangkaian semarak peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan Provinsi Maluku ke 78 Tahun 2023.

Gubernur turut hadir dampingi sang Istri Widya Pratiwi Murad selaku Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Sekda Sadli Ie, pimpinan OPD Pemprov, para guru maupun siswa, dan unsur lainnya.

Widya dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi, atas nama pribadi dan selaku Ketua Dekranasda Maluku, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menyelenggarakan kegiatan expo hasil kerajinan siswa/siswi SMK se-Maluku.

“Berlahan tapi pasti pasca pandemi Covid-19 kondisi perekonomian Provinsi Maluku, telah kembali bangkit yang didukung oleh dunia industri dan dunia usaha yang tumbuh semakin kuat, termasuk pelaku ekonomi kreatif dan pendidikan vokasi kita yang semakin berkualitas,” jelasnya.

Hal itu juga sejalan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi yang bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing guna menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“Atas dasar itulah maka Pemerintah Provinsi Maluku berkomitmen penuh, untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat mempercepat peningkatan dan pengembangan produk, serta promosi produk, dari satuaan Pendidikan Vokasi kita yakni SMK, dimana salah satunya adalah expo produk SMK tahun 2023 yang saat ini kita laksanakan,” tambahnya.

Widya mengatakan bahwa event yang diselenggarakan merupakan pameran produk Expo hasil Kerjasama siswa/siswi SMK dalam berbagai bidang keahlian termasuk dalam mendukung ekonomi kreatif.

“Untuk itu melalui event expo ini, kami berharap produk-produk kreatifitas siswa/siswi SMK makin dikenal oleh masyarakat luas dan memberikan keyakinan kepada dunia industri dan dunia kerja akan talenta dan kualitas siswa SMK, sekaligus menyediakan dan menyiapkan lapangan kerja ketika siswa/siswi lulus nantinya,” harapnya.

Widya optimis event ini akan dapat meningkatkan kreativitas dan daya saing, membangun jiwa-jiwa kewirausahaan, serta rasa percaya diri pada siswa/siswi SMK.

“Dan tak lupa kami ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dan berkolaborasi dalam penyelenggaraan event ini, khususnya panitia, guru, Pembina, siswa/siswi dan kepala satuan Pembina SMK di seluruh Maluku serta dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,” tandasnya.

Widya berharap, kerja keras ini berbuah hasil yang tentunya sukses dan berjalan lancar.

“Perlu bapak ibu ketahui dan khusus kepada guru dan kepala SMK di Maluku, kami Dekranasda ada beberapa stan dan galeri yang saya rasa produk-produk dari hasil kreativitas siswa/siswi SMK ini bisa dititipkan di galeri Dekranasda yang ada di Belakang Soya dan di Bandara Pattimura,” terangnya.

Kata Widya, tidak hanya pada saat event-event saja baru berproduksi, tapi kalau siswa siswi ini bisa konsisten sehingga menjadi income, yang tentu menjadi kebanggaan.

“Sehingga apabila lulus belum mendapatkan pekerjaan, setidaknya sudah memiliki income yang dititipkan di galeri Dekranasda, dan kami PKK juga siap membantu menyalurkan dan mempromosikan produk UMKM khususnya siswa/siswi SMK ini dapat terus berjalan kontinyu dan konsisten untuk berporduksi.” Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand oleh Gubernur Maluku didampingi Ketua Dekranasda, beserta rombongan.

BKL

as