as
as

Dukung Program Pj Gubernur Ribka Haluk, Wabup Rettob Pantau Proyek bagi Suku Kamoro

Wabup Mimika Tinjau Proyek Perumahan Suku Kamoro
Wakil Bupati Johannes Rettob meninjau langsung proyek pembangunan Perumahan Rakyat Suku Kamoro di Pomako, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Jumat (24/11/2023) / Foto: Ist

Koreri.com, Timika – Pasca diaktifkan kembali sebagai Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob S. Sos, MM, terjun langsung ke lapangan.

Salah satu diantaranya meninjau langsung ke lokasi pembangunan Perumahan Rakyat Masyarakat suku Kamoro. Proyek ini didanai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah.

as

Komitmen mendukung itu, Wabup Johannes Rettob turut memantau langsung kemajuan proyek yang melibatkan puluhan pekerja.

Wabup Rettob dalam keterangannya menegaskan bahwa pembangunan perumahan rakyat ini merupakan bagian dari tanggung jawab Pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Program ini sejalan dengan inisiatif Pemerintah Provinsi dan Pusat.

“Kita perlu memberikan perhatian agar pembangunan berjalan lancar dan masyarakat dapat menikmati hasilnya,” ujarnya di Timika, Jumat (24/11/2023).

Pria yang akrab disapa JR ini juga menyoroti potensi pengembangan kawasan tersebut menjadi Kampung Wisata, sesuai inisiatif yang telah diinisiasi Pj Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk.

Dia berpendapat bahwa partisipasi aktif dalam proses pembangunan dapat menciptakan destinasi wisata baru.

“Dan tugas kita adalah memberikan dukungan penuh, dan lokasi ini dibangun berdasarkan rekomendasi saya dan Pak Mariyanus Maknaipeku,” tambahnya.

Dalam menghadapi pertanyaan apakah Kabupaten Mimika juga akan menganggarkan pembangunan Perumahan Rakyat serupa, JR menyatakan bahwa daerah ini seharusnya melanjutkan inisiatif yang telah diambil oleh Pemprov Papua Tengah.

“Kita harus memastikan masyarakat mendapatkan kehidupan yang sehat, rumah yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini memerlukan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten,” tegasnya.

Di sisi lain, Wabup JR menekankan pentingnya penataan Kawasan Pomako sebagai pintu gerbang. Dia memandang perlu untuk merencanakan kawasan pelabuhan dengan baik, agar kedepannya tidak hanya menjadi tempat berlabuh kapal, tetapi juga meningkatkan sektor pariwisata.

“Ini merupakan tantangan bagi OPD, terutama Dinas PU dan Pemukiman, serta Dinas Pariwisata,” tekannya.

Sekedar info, proyek Perumahan Rakyat Suku Kamoro ini yang berada di atas lahan adat total dibangun sebanyak 14 unit pada tahap pertama.

Rencananya, proyek ini akan diresmikan oleh Pj Gubernur Papua Tengah pada awal Desember tahun ini.

TIM

as