as
as

Paguyuban Balai Kementerian PUPR di Maluku Peringati Hari Bakti PU ke 78

Hari Bakti PU 78 2023 Tingkat Maluku

Koreri.com, Ambon – Paguyuban Balai-balai Kementerian PUPR di Maluku menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari Bakti PU ke 78, di kantor Satker PJN Wilayah I Maluku, Minggu (03/12/2023).

Selain lima Kepala Balai yang ada di Kementerian PUPR di Maluku beserta jajaran, upacara ini juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Le selaku Inspektur Upacara.

as

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas dedikasi yang tinggi selama ini.

“Dengan kekompakan dan kerjasama tim, kita berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat,” ungkapnya.

Disampaikan juga, kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023 ini, yang telah berhasil  melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur antara lain:

Pertama, mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini, Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U-17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

“Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga,” ucapnya.

Ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah).

Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Keempat, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang.

Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Kelima, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3139 km dan 2682 meter jembatan di 33 Provinsi.

“Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya,” pintanya.

Menteri menjelaskan, seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, pegawai, jajaran dan seluruh mitra kerja Kementerian PUPR atas kinerja dan  dedikasinya di tahun 2023 ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, di hari-hari sebelumnya dalam rangka memperingati Hari Bhakti PU ke-78, kelima Balai Kementerian PUPR yang ada di Maluku telah menggelar berbagai kegiatan.

Panitia penyelenggaraan kegiatan tahun ini adalah Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku.

JFL

as