as
as

Bulan K3: Pertamina Regional PamaluTekankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pertamina Pamalu Bulan K3

Koreri.com, Jayapura – Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku (Pamalu) baru saja menggelar acara Opening Ceremony Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di Kantor Regional Papua Maluku, Selasa (6/2/2024).

Bulan K3 merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu sebagai bentuk penerapan budaya kerja aman dan sehat guna menurunkan angka kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, pencemaran lingkungan dan gangguan keamanan yang dapat mengakibatkan kerugian terhadap asset, sumber daya manusia, lingkungan dan citra perusahaan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 244 Tahun 2023 tema pokok nasional pelaksanaan bulan K3 Tahun 2024 adalah “Budayakan HSSE Pada Diri, Rekan Kerja dan Keluarga Untuk Menjaga Keberlanjutan Bisnis”.

Berdasarkan Tema Nasional tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu melalui fungsi Health Safety Security & Environment (HSSE) mengangkat tema regional Bulan K3 yakni “Back to Basic HSSE 2024”.

Kegiatan opening ceremony bulan K3 dibuka oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu, dan diikuti oleh Pekerja dan Mitra Kerja di lingkungan kantor Regional setempat.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu Sunardi dalam sambutannya menyampaikan, peringatan bulan K3 dapat menjadi momentum bahwa hasil kerja yang baik tidak terlepas dari kesadaran Pekerja dan Mitra Kerja, dalam membangun budaya K3 HSSE yang baik di lingkungan kerja.

“Rangkaian peringatan bulan K3 ini tentu kita harapkan akan menjadi langkah konsisten kita dalam penerapan aspek K3 HSSE secara berkelanjutan, sehingga tercapainya zero accident di lingkungan kerja perusahaan,” ucap Sunardi.

Ia juga menambahkan bahwa peringatan bulan K3 sendiri bukan semata-mata hanya diperingati, namun juga harus diaplikasikan pada praktik kehidupan bekerja sehari-hari.

“Pada akhirnya, dengan adanya keselamatan dan kesehatan dalam bekerja ini akan dapat menekan resiko kerugian dan berdampak tinggi terhadap peningkatan produktivitas perusahaan,” tambahnya.

Area Manager Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu Aris Sinta mengungkapkan betapa pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan pekerja di lingkungan kerja.

“Kita harus terus meningkatkan awareness kita terhadap HSSE yang ada di lingkungan kerja kita, dan ini menjadi basic sebuah perusahaan khususnya kita yang bergerak di bidang energi, ini memang high risk, sehingga aspek HSSE lebih diperhatikan dan diharapkan pasca pelaksanaan kegiatan ini, para pekerja maupun mitra kerja semakin menyadari pentingnya aspek HSSE dan semakin bertambah tingkat keahliannya dalam menghadapi keadaan darurat,” sambungnya.

Aris menambahkan bahwa melalui Fungsi HSSE meluncurkan aplikasi “Call Center Security” sebagai bentuk kepedulian kesehatan, keselamatan dan keamanan para internal pekerja.

“Kami luncurkan aplikasi Call Center Security yang akan tersedia 24 jam untuk internal pekerja, sehingga kepada para pekerja yang membutuhkan bantuan kesehatan, keselamatan dan keamanan dapat menghubungi melalui aplikasi tersebut,” tandasnya.

Selain itu, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Pamalu Edi Mangun menyampaikan bahwa kegiatan Bulan K3 akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan yang dirangkai dengan beberapa kegiatan dan dikemas dalam bentuk pelatihan, upskilling pengetahuan juga keterampilan, fun games dan individual/group challenge aspek HSSE.

“Peringatan Bulan K3 ini berlangsung kurang lebih selama 1 bulan. Ada rangkaian kegiatan workshop, pelatihan, upskilling hingga fun games lainnya untuk internal pekerja dan mitra kerja Regional Papua Maluku, selain untuk meningkatkan aspek HSSE, dengan adanya kegiatan ini juga dapat menambah keharmonisan dan kolaboratif seperti yang tertera pada budaya AKHLAK,” tandasnya.

CCSR

as

Respon (2)

Komentar ditutup.