as
as

Rekomendasi Perindo Tunggu Hasil Survei Elektabilitas Balon Bupati Mamberamo Raya

Ketua DPD Perindo Mamberamo Raya Tan Sri Gajali / Foto: Ist
Ketua DPD Perindo Mamberamo Raya Tan Sri Gajali / Foto: Ist

Koreri.com, Jayapura – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Mamberamo Raya telah melaksanakan fit and proper test bagi 14 bakal calon (balon) kepala daerah yang maju Pilkada 2024.

Ketua DPD Perindo Mamberamo Raya Tan Sri Gajali, mengatakan 14 balon Bupati sudah mendaftar dan telah mengikuti tahapan fit and proper test di DPW Perindo Papua.

Ke 14 balon Bupati diantaranya, pasangan Alfons Sesa, Moses Temotai, Terianus, Nendy Imbenai, Didimus Saworo, Robby Rumansara, Evert Mudumi, Marthen Tukeji, Melkianus Doom, Mathias Fuyeri, Adrianus Manemi, Amos Totouw, Yohanes Senggi dan Dominggus May.

“Ya, jadi hampir semua bakal calon kepala daerah sudah ikut fit and proper test di DPW Perindo Papua,” ungkapnya kepada awak media di Jayapura, Jumat (7/6/2024).

Selanjutnya, kata Tan, pihaknya melakukan survei dari lembaga survei independen untuk melihat elektabilitas balon kepala daerah yang diusung Perindo maju di Pemilukada 2024.

“Dari 14 bakal calon kepala daerah siapa yang punya elektabilitas tinggi sesuai hasil survei itu yang nanti diusung Perindo,” ujarnya.

Dijelaskan, awalnya Perindo prioritaskan kader untuk diusung maju bertarung dalam pesta demokrasi Pemilukada Mamberamo Raya. Namun, 14 bakal calon kepala daerah yang mendaftar semua di luar kader Perindo.

“Makanya kita ambil sampel atau tunggu hasil survei elektabilitas dari lembaga survei yang turun langsung ke Mamberamo Raya,” ujarnya.

“14 bakal calon kepala daerah yang mendaftar di Perindo Mamberamo Raya sebagai calon Bupati,” sambungnya.

Dikatakan, ada kriteria yang diinginkan DPD Perindo Mamberamo Raya dalam mengusung balon kepala daerah yang maju pilkada periode 2024-2029.

Diantaranya, pasangan balon kepala daerah yang diusung partai Perindo harus orang asli Mamberamo Raya.
Memiliki visi misi kedepan yang sejalan dengan Perindo terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, langkah apa atau program prioritas balon Kepala daerah itu yang disampaikan saat fit and proper test.

“Memang betul-betul kita mau calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung Partai Perindo ini memiliki kualitas kepemimpinan yang berpihak kepada masyarakat,” tandasnya.

Tan menambahkan, hasil fit and proper test sudah dibawa ke Jakarta untuk jadi bahan pertimbangan DPP Perindo sambil menunggu survei elektabilitas balon kepala daerah untuk diterbitkan Rekomendasi.

Perindo Mamberamo Raya Pemenang Kedua Pileg 2024.

Dikatakan, untuk kursi DPRD Kabupaten Mamberamo Raya hasil Pemilu legislatif periode 2024-2029, Perindo mendapat 3 kursi.

“Ya, kursi DPRD Mamberamo Raya, kami Perindo memperoleh tiga kursi. Dapil I Doni Pate, Dapil II Simon Pujiro dan Dapil III Daniel Anto,” rincinya.

Meski memperoleh suara terbanyak kedua hasil Pemilu 2024, namun Perindo tetap berkoalisi untuk memenuhi syarat 20 persen.

“Jadi, kita harus koalisi karena syarat pencalonan 20 persen itu harus 4 kursi di Kabupaten Mamberamo Raya, sementara Perindo hanya 3 kursi,” ujarnya.

Kedepan, kata Ketua DPD Perindo, balon Bupati potensial yang dipilih Perindo akan diberikan surat tugas membangun komunikasi dengan partai politik lain untuk bisa penuhi syarat pencalonan 20 persen.

“Nanti Perindo berikan surat tugas kepada bakal calon yang dipilih untuk bisa bangun koalisi menambah satu kursi lagi dari partai lain untuk diusung bersama Perindo dalam pemilukada Mamberamo Raya 2024,” pungkasnya.

TIM

as

as