as
as

2.194 Casis Bintara Polri Polda Papua Barat Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

IMG 20240611 WA0007

Koreri.com, Manokwari – Sebanyak 2.194 Calon Siswa (Casis) Bintara Polri Polda Papua Barat mengikuti Uji Kesamaptaan Jasmani Penerimaan Polri Tahun Anggaran 2024, Selasa (11/6/2024).

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Ongky Isgunawan, S.I.K., menyampaikan bahwa untuk wilayah Papua Barat total 1.235 casis terdiri dari casis Polki 1.141 orang dan casis Polwan 94 orang.

Sedangkan untuk wilayah Papua Barat Daya total peserta 924 orang terdiri dari Polki 839 orang dan Polwan 85 orang, sehingga total keseluruhan ada 2.194 orang.

Casis yang mengikuti kegiatan tahap Uji Kesamaptaan Jasmani untuk yang dimulai hari ini dan akan berlangsung selama 4 hari kedepan.

IMG 20240611 WA0008“Para casis berasal dari berbagai Polres/ta Jajaran Polda Papua Barat yang telah melampaui tahap Rikkes ke II sebelumnya,” ujarnya.

Uji Kesamaptaan Jasmani ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B, Uji Kesamaptaan Jasmani C, dan Uji Kesamaptaan Jasmani D.

“Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B mencakup Lari 12 Menit, Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run.

Sementara, Uji Kesamaptaan Jasmani C meliputi Renang, dan Uji Kesamaptaan Jasmani D melibatkan Anthropometrik,” kata Kabid Humas.

Pelaksanaan tes ini diadakan di beberapa lokasi berbeda. Untuk wilayah Papua Barat tes dilaksanakan di Manokwari dan wilayah Papua Barat Daya dilaksanakan di Sorong.

Untuk wilayah Papua Barat Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B berlangsung di lapangan apel Polda Papua Barat, sedangkan Uji Kesamaptaan Jasmani C dilaksanakan di Kolam Renang Tirtha Satya Kodam XVIII Kasuari.

Untuk Uji Kesamaptaan Jasmani D, lokasi pelaksanaannya adalah Aula triton, sementara untuk wilayah Papua Barat Daya dilaksanakan di Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua Barat Sorong.

Untuk pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani di Sorong masih sedang tahap pembagian kelompok.

Kabid Humas menekankan bahwa semua tahapan tes dalam rekrutmen Bintara Polri tahun 2024 Polda Papua Barat menerapkan sistem Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

“Sistem penilaian kami transparan. Hasil tes langsung diumumkan setelah pelaksanaan sehingga peserta dapat melihat nilai mereka secara langsung.

Jika ada keluhan, kami memberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan mereka,” jelasnya.

Kombes Pol Ongky Isgunawan S.I.K berharap para calon siswa ini bisa menjadi generasi penerus yang melaksanakan tugas di Polri.

“Kami berharap adik-adik yang mengikuti tes ini bisa melaksanakan dengan maksimal sehingga hasilnya juga maksimal dan bisa bergabung dengan kami di Kepolisian Republik Indonesia,” harapnya.

KENN

as

as