as
as

Disperindag Ambon pastikan stok sembako aman

Pasar Mardika Ambon koreri 1
Pasar Mardika Ambon

Koreri.com, Ambon (5/5) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon memastikan, stok sembilan bahan pokok (Sembako) di daerah itu aman.

Hal itu berlaku menjelang bulan puasa hingga Hari Raya Idhul fitri selain dipastikan pula tidak terjadi kelonjakan harga yang signifikan.

Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Kota Ambon, Rina Siloy yang dikonfirmasi Jumat (4/5/2018) memastikan soal stok bahan pokok menjelang bulan Puasa hingga Idul Fitri nanti tidak menjadi persoalan.

“Saat ini kondisi pasar pun tergolong stabil meski untuk harga ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, namun masih pada batas kewajaran,” ungkapnya.

Kenaikan harga saat ini, terang Rina, dipicu rantai distribusi yang cukup panjang dimana harga yang diberikan distributor hingga sampai ke tangan konsumen terus meningkat.

Kondisi ini tentunya akan terus diperhatikan oleh Pemerintah, bahkan Disperindag sedang berupaya mencari solusi untuk meminimalisir rantai distribusi agar tidak terlalu panjang.

“Kita lihat saja cabai, atau bawang merah dimana untuk harga yang diberikan oleh distributor tergolong murah namun rentang kendali dan kualitas bahan pokok yang menurun mengakibatkan harganya menjadi naik,” akuinya.

Pedagang juga, kata Rina, bukan untuk mencari keuntungan lebih, tetapi demi mengimbangi harga jual beli agar tidak mengalami kerugian.

Sementara untuk stok beras dipastikan mencukupi hingga enam bulan ke depan khususnya ketersediaan beras Bolug.

“Dapat juga kita pastikan beras jenis lainnya pun masih tercukupi sama seperti bahan pokok lainnya. Makanya, kami himbau masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan bahan stok bahan pokok dan kelonjakan harga,” tukasnya.

MP-RR

as