as
as

Kapolda Papua Resmi Kantor Polres Asmat

Kapolda Papua dan Pangdam Herman Polres Asmat
Kapolda Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih saat melakukan pengguntingan pita

Koreri.com, Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw melaknsanakan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Asmat, Sabtu (23/11/2019).

Kunker tersebut dalam rangka peresmian kantor Polres Asmat serta meninjau kegiatan Festival Budaya Asmat Pokman.

Hadir dalam acara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Bupati Asmat Elisa Kambu, Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch SIK, Dandim 1707 Merauke, para pimpinan OPD, tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat serta personel Polres dan Bhayangkari.

Adapun rangkaian kegiatan sebagaiman keterangan pers Humas Polda Papua yang diterima Koreri.com, Minggu (24/11/2019), Kapolda Papua dan rombongan take off dari Bandara Mosez Kilangin Timika menuju Bandara Ewer Kabupaten Asmat.

Sesampainya di Kabupaten Asmat Kapolda Papua disambut oleh Bupati dan Kapolres Asmat selanjutnya menuju Kota Agats dengan menggunakan speedboat.

Setibanya di pelabuhan Agats Kapolda Papua berserta rombongan menuju Mapolres Asmat dan disambut dengan tarian adat serta jajar hormat anggota Polres Asmat.

Kapolres setempat AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK pada kesempatan itu mengatakan bahwa pembangunan Mapolres Asmat diawali proses pengusulannya saat Polda Papua dipimpin Irjen Pol. Paulus Waterpauw pada periode pertama tahun 2017 dan selanjutnya dibangun pada Juni 2018 hingga rampung Juni 2019.

“Kemitraan kita dengan Pemerintah daerah juga sangat baik, dimana kita telah dibangunkan beberapa fasilitas antara lain tempat tinggal anggota di Polsek Sawaerma dan Polsek Atsy serta di tahun ini dibangun aula untuk Polres Asmat serta Polsek Suator yang pembangunannya masih berjalan,” rincinya.

Bupati Elisa Kambu dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Asmat saat ini situasi aman dan tengah berlangsung festival budaya serta peringatan 50 tahun HUT Keuskupan.

“Kami juga akan ke Merauke untuk membahas pembentukan Provinsi Papua Selatan. Keinginan kami agar melalui pemekaran ini dapat mempercepat pembangunan. Kami di wilayah Selatan selalu konsisten dengan NKRI serta mengharapkan ada kebijakan terhadap putra-putri Asmat untuk diterima menjadi anggota Polri,” pintanya.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw pada sambutannya mengapresiasi Pemkab Asmat yang telah melakukan berbagai pembangunan termasuk turut membantu membangun fasilitas Polri.

“Kita sudah diingatkan oleh Presiden agar mendukung kegiatan Negara yang turun ke Pemda maupun Pemkot,” ungkapnya.

Presiden juga mengingatkan agar pihaknya tidak mencari-cari kesalahan.

“Meski begitu, apabila kita sudah diingatkan namun tetap tidak mematuhi aturan maka akan kita tindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Kapolda mengaku telah memerintahkan Wakapolres untuk mencari dan melatih anak-anak Asmat yang ingin menjadi anggota Polri.

“Kita perlu membuat aturan yang baku seperti peratuan Kapolda tentang afirmatif action bagi anak-anak OAP dalam rangka rekrutmen,” imbuhnya.

Diharapkan dengan dibangunnya fasilitas kantor yang megah ini menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan yang sungguh-sungguh kepada masyarakat.

“Jika ada kenakalan remaja, lakukan kegiatan yang konkret dengan melakukan pembinaan,” tukasnya.

Selanjutnya Kapolda Papua didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolres dan Bupati Asmat menandatangani prasasti dan melakukan pengguntingan pita.

Kemudian Kapolda Papua bersama Pandam XVII/Cenderawasih dan rombongan melakukan peninjauan kondisi bangunan Polres Asmat.

Setelah melakukan peninjauan Kapolda Papua memberikan arahan kepada personel Polres dan Bhayangkari Cabang Asmat.

Kapolda Papua dalam arahannya mengatakan bahwa 2 tahun lalu saat dirinya meninjau lokasi lahan pembangunan Polres ini masih terendam air laut. Namun saat ini telah berdiri bangunan yang luar biasa dan begitu indah.

“Saya mengapresiasi kepada Kapolres dan pejabat Polres yang mengelola ini dengan baik,” ucapnya.

Kapolda mengharapkan tidak hanya keindahan Mapolres ini saja, tetapi bagaimana memfungsikan peran sebagai anggota Polri dalam pelayanan yang sungguh-sungguh.

Dalam bertugas harus berfikir yang positif termasuk kepada personel yang masih muda-muda dan ibu Bhayangkari agar mengambil hikmahnya  bertugas di daerah ini serta tidak berkecil hati.

“Kita ini adalah Kepolisian Negara yang ditugaskan disini, laksanakan tugas dengan sepenuh hati. Dari sekarang siapkan rencana kegiatan dalam mendukung pengamanan Pemilukada serentak 2020 di Kabupaten Asmat. Lakukan kegiatan sambang dan berikan himbauan Kamtibmas sebagai langkah awal yang menentukan keberhasilan,” pungkasnya.

Selanjutnya Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih bersama rombongan meninjau pembangunan jembatan Gantung Kaye dan meninjau kegiatan Festival Budaya Asmat Pokman.

VDM

as