as
as

Tantang China, Indonesia Tolak Negosiasi ZEE di Natuna

natuna

Koreri.com – Pemerintah Indonesia tidak akan pernah bernegosiasi dengan pemerintah China terkait masalah kedaulatan negara, ujar Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Pemerintah telah menyampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki klaim tumpang tindih wilayah dengan China dan oleh karenanya pemerintah tidak pernah mengakui apa yang disebut “nine dash line atau sembilan garis putus-putus” oleh pemerintah China di utara perairan Natuna.

Menteri Mahfud MD menegaskan kembali bahwa zona ekonomi eksklusif (ZEE) di utara perairan Natuna sudah sesuai dengan konvensi internasional UNCLOS dan karenanya negosiasi dengan pemerintah China terkait kedaulatan negara tidak diperlukan.

Militer Indonesia mulai meningkatkan aktifitas militer dan pemantauan di perairan Natuna sebagai respon atas pelanggaran yang baru saja dilakukan kapal ikan dan penjaga pantai China yang memasuki perairan Indonesia di wilayah itu.

“Terkait dengan kapal ikan RRT yang dikawal resmi pemerintah Tiongkok di Natuna, prinsipnya begini, Indonesia tidak akan melakukan negosiasi dengan Tiongkok,” kata Mahfud,usai menghadiri Peringatan Dies Natalis Ke-57 Universitas Brawijaya di Kota Malang, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Mahfud, segala negosiasi yang dilakukan terkait Natuna akan terimplikasi sebagai adanya pengakuan atas perseteruan wilayah dengan negara lain.

Ia juga mengatakan Indonesia memiliki legitimasi hukum dan hak kedaulatan atas Laut Utara Natuna sesuai dengan kerangka hukum UNCLOS.

VLJ

Sumber: jakartaglobe.id

as