as
as

Aparat Gabungan Tembak Mati Dua KKB Penyerang Kuala Kencana

Kabid Humas Polda Pap BB KKB kuala kencana

Koreri.com, Jayapura – Kontak tembak antara tim gabungan TNI – Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Kamis (9/4/2020).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal, mengatakan dari kontak tembak tersebut 2 orang anggota KKB tewas dan 1 orang berinisial IS ditangkap.

IS saat ini berada di Mapolres Mimika untuk menjalani proses hukum.

“Iya, mereka merupakan anggota KKB yang melakukan penembakan terhadap WNA asal New Zealand di Kantor OB 1 Kompleks PT. Freeport Indonesia pada 30 Maret lalu,” terangnya di media center Polda Papua, Jumat (10/4/2020).

Menurut Kamal, tim gabungan TNI – Polri terus melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap KKB yang melakukan penembakan di kantor OB 1 kompleks PT.FI di Kuala Kencana pada tanggal 30 Maret 2020 lalu.

Dijelaskan, aksi kontak tembak terjadi setelah hasil penyelidikan 6 warga Timika yang diduga akan menyuplai sembako ke KKB wilayah Kali kopi pimpinan Hengky Wamang.

“Jadi, setelah dilakukan penyelidikan aparat gabungan berhasil menemukan tempat persembunyian kelompok tersebut,” sambungnya.

Aparat gabungan langsung melakukan penindakan terhadap kelompok tersebut di Jalan Trans Nabire tepatnya di Kampung Jayanti dan sempat terjadi kontak tembak.

“Dua korban meninggal dunia dari KKB tersebut belum diketahui identitasnya karena masih dalam proses identifikasi,” ujar Kamal.

Sementara barang bukti yang diamankan pasca kontak KKB dengan TNI – Polri berupa 1 Buah Air Soft Gund Merk Glock, 1 Buah Senjata Rakitan, 162 Butir Peluru, 10 Buah Selongsong, 20 Buah HP, 2 Buah HT, 3 Buah Bendera Corak Bintang Kejora, 3 Buah Kampak, 3 Buah Busur Panah, 90 Buah Anak Panah, 11 Buah Parang, 7 Buah Senapan Angin dan 11 Buah Potongan Bagian Senapan Angin.

Ditambahkan, aparat gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap para kelompok tersebut yang melarikan diri ke hutan tidak jauh dari TKP.

“Saat ini situasi pasca penindakan tegas terhadap anggota KKB aman dan kondusif,” pungkas Kamal.

VER

as