as
as

10 Pasien Covid -19 di RSUD Dok II Jayapura Dinyatakan Sembuh

covid rsud jayapura 1

Koreri.com, Jayapura – Sebanyak 10 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RS rujukan Dok II Kota Jayapura dinyatakan sembuh dan “dipulangkan” ke rumah.

Direktur RSUD Dok II Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan para pasien Covid – 19 itu berasal dari Kota dan Kabupaten Jayapura, dan Sarmi.

“Hari ini kita lepas 7 pasien yang sembuh, yaitu 6 positif dan 1 PDP (Pasien Dalam Pengawasan-Red.),” rinci nya di sela-sela acara pelepasan pasien, Senin (20/4/2020).

Sebelumnya 3 pasien yaitu 1 positif dan 2 PDP jadi totalnya ada 10 pasien yang sembuh.

“Tinggal satu positif saja yang kita rawat karena kemarin test pertama negatif, lalu test kedua positif jadi kami harus konfirmasi ke Jakarta dulu,” sambungnya.

Menurut Aloysius, kunci untuk menyembuhkan mereka ada dua. Yaitu pertama, membangun komunikasi yang humanis dengan pasien Covid-19 agar tidak tertekan.

Dimana para petugas medis, wajib hukumnya menyapa, senyum, dan bercerita dengan mereka.

Kedua, kemauan dan dorongan dari pasien untuk sembuh dengan memanfaatkan ruang isolasi rumah sakit dan pelayanan yang diberikan.

“Saya berharap, setelah pulang dan menjalani karantina selama 14 hari, kalian selalu makan minum yang teratur, istirahat yang cukup, dan jangan stress. Selamat bertemu dengan keluarga,” pesan Aloysius.

Penjabat Sekretaris Daerah Papua Dr. Ridwan Rumasukun mengapresiasi kinerja baik dari direksi dan tim medis di RSUD Jayapura yang berhasil menyembuhkan 11 pasien ini.

Sebab hal ini dicapai di tengah keterbatasan alat kesehatan, SDM kesehatan dan dana bagi penanganan Covid.

“Atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh masyarakat Papua, kami apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja direktur dan seluruh jajaran. Kami bangga dan ini jadi kabar gembira bagi seluruh kita di Papua. Semoga Tuhan membalas kebaikan bapak-ibu sekalian,” tandas Ridwan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes, secara khusus menjelaskan koordinasi, kerjasama dan kekompakaan yang dibangun antara Dinas Kesehatan Papua dan RSUD Jayapura untuk menangani Covid-19 ini.

“Kita perang melawan Covid di Papua, 107 orang positif, dan kita gagal karena ada 7 yang meninggal. Tapi hari ini kita mengucap syukur pada Tuhan karena hari ini ada 29 yang sembuh dengan tambahan hari ini. Minggu lalu, ada persaingan ketat sembuh 7 meninggal 7, tapi hari ini tingkat kesembuhan sudah naik. Tinggal 71 di semua rumah sakit yang ada di Papua, saya yakin 80 persen akan sembuh. Kami Dinkes siap support bapak ibu di rumah sakit apa saja yang diperlukan agar kita menang melawan Covid,” tegas Robby.

Sehari sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OD(K) mengatakan, berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua per Minggu (19/4/2020), jumlah angka kumulatif positif Covid di Bumi Cenderawasih sebanyak 107 orang, dimana 81 orang sedang dalam perawatan, 19 orang sembuh, dan 7 meninggal dunia.

“Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.507 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 101 orang. Sejauh ini, Litbangkes Papua sudah melakukan pemeriksaan 467 sampel, dimana 107 dinyatakan positif,” pungkasnya.

OZIE

as