as
as

Selama Pandemi Covid-19, Angka Lakalantas di Papua Menurun

ilustrasi kecelakaan

Koreri.com, Jayapura – Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Papua selama pandemi Covid-19 dilaporkan menurun.

Bidang Kamseltibcarlantas merincikan angka lakalantas menurun dimana dari data yang disampaikan selama Semester I Tahun 2020 sebanyak 428 kasus.

Angka ini jika dibandingkan dengan Semester I Tahun 2019 sebanyak 637 kasus, yang berarti mengalami penurunan sebanyak 209  kasus atau -32,8 persen.

Dilaporkan korban meninggal sebanyak 42 orang, jika dibandingkan dengan Semester I Tahun 2019 sebanyak 86 orang  berarti mengalami  penurunan sebanyak 44 orang yaitu atau turun 51 persen.

Sedangkan pelanggaran Lalu Lintas Semester I Tahun 2020 sebanyak 17.296 kasus. Angka ini meningkat dibandingkan data pada Semester I Tahun 2019 sebanyak 9.447 kasus.

Dimana telah terjadi peningkatan sebanyak 7.849 kasus atau 45,4 persen.

Dilaporkan pula, usia rata-rata yang mengalami kecelakaan adalah masyarakat dengan usia produktif.

Faktor penyebab kecelakaan di antaranya adalah kurangnya konsentrasi pengemudi dalam berkendara sementara kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga akhirnya kendaraan sulit dikendalikan.

Dengan menurunnya angka lakalantas dan jumlah korban ini menjadi bukti bahwa kesadaran para pengguna jalan baik roda dua dan empat meningkat.

Selain itu, dengan adanya pembatasan aktivitas di masa Pandemi Covid 19 di Papua sehingga aktivitas para pengendara juga dibatasi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. AM. Kamal, SH dalam pernyataannya mengapresiasi warga masyarakat yang telah sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya.

“Karena keselamatan merupakan hal terpenting dalam melakukan aktivitas di jalan raya dengan kita tertib dan mentaati segala peraturan lalu lintas yang ada,” urainya.

Selain itu, meningkatnya kesadaran para pengguna kendaraan serta menurunnya angka kecelakaan dan korban lakalantas tidak terlepas dari aktifnya personil lalu lintas baik Polda maupun Polres jajaran melakukan razia terhadap pengguna jalan dengan mengedepankan tindakan preemtif.

Kemudian, dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan sosialisasi tentang tertib di jalan raya, memasang spanduk-spanduk imbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kondisi ini harus terus dipertahankan demi terciptanya kamseltibcarlantas aman dan nyaman bagi para pengguna jalan.

“Kami akan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat ditengah pandemi Covid 19 di Papua. Kami juga mengharapkan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat untuk kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya.

VER

as