as
as

Laga 2 Tim Jawara PON Bakal Warnai Peresmian Stadion Papua Bangkit

Ilustrasi PON

Koreri.com, Jayapura – Peresmian Stadion Utama Papua Bangkit dan sejumlah venue serta sarana lainnya dijadwalkan bakal diwarnai laga 2 tim sepakbola jawara event Pekan Olahraga Nasional (PON).

Laga eksebisi antara Tim Sepak Bola PON Papua dan Jawa Timur yang akan berlangsung tepat saat pelaksanaan peresmian Stadion Lukas Enembe, Jumat (23/10) mendatang.

Jawa Timur yang dibesut Rudy Keltjes akan beradu taktik dengan mantan anak buahnya di Persipura, Eduward Ivakdalam yang kini melatih tim PON Papua.

Sebelum uji coba, Pangdam XVII/Cenderawsih Mayjen TNI Herman Asaribab beserta pejabat Kodam XVII/Cenderawasih menggelar jamuan makan malam untuk para pengurus, pelatih, ofisial dan pemain dari kedua tim, di Gedung Fitness Center 88 Makodam XVII/Cenderawasih, Minggu malam (18/10/2020).

Turut hadir, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan Sekretaris Umum KONI Papua.

Rudy Keltjes dalam kesempatannya mengucapkan terimakasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Ketua KONI Papua, Ketua PSSI Papua dan seluruh pejabat Kodam XVII/Cenderawasih atas sambutan yang diberikan kepada Tim PON Jawa Timur.

“Jamuan makan malam ini seperti reuni, karena dahulu saya bagian dari sepakbola Papua dan saya juga pernah bekerja sama dengan Pak Herman Asaribab saat di PS AD (Persatuan Sepak Bola TNI Angkatan Darat). Dimana saat itu Pak Asaribab jadi manajer PS AD hingga 1997,” ungkapnya.

Rudy juga mengaku bahagia karena bisa kembali menginjakkan kaki di Kota Jayapura dan bertemu dengan rekan serta mantan anak didiknya.

Dia menganggap Jayapura merupakan kampung halaman kedua.

“Jayapura merupakan kampung kedua saya, makanya, saya mau ke sini walaupun saya sempat berfikir-fikir saat menerima ajakan eksibisi ke Jayapura,” tandasnya.

Ketua KONI Jatim, Ansori menambahkan bahwa pertandingan ini sangat penting dalam membina hubungan baik antara Papua dan Jawa Timur.

“Semoga dengan pertandingan eksebisi ini dapat menambah hubungan baik antara Papua dan Jatim dalam olahraga apapun,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada Ketua KONI Jatim, Ketua PSSI Jatim, pelatih dan pemain tim PON Jatim.

Ia menuturkan pengalamannya semasa bekerja sama dengan Pelatih Sepak Bola Pon Jatim Rudy.

“Rudy Keltjes bukan sosok asing. Saya pernah bersama Coach Rudy di PS AD,” aku Pangdam.

Lebih lanjut, berbicara masalah sepakbola yang ada di Papua pria yang juga hobi olahraga bola sepak ini menyampaikan bahwa nantinya Kodam XVII Cenderawasih akan membentuk SSB mulai usia dini.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Jayapura, dimana nanti Sekolah Sepak bola akan dibentuk di kampung Yogiwa, dan saat ini proses seleksi pemainnya telah dilaksanakan oleh Kodam, dengan menyeleksi anak-anak usia 12-14 dengan cara menggelar pertandingan Pangdam Cup U 12-14.” pungkas Pangdam.

Dalam pelaksanaan kegiatan Gala Dinner ini tetap mempedomani protokol kesehatan.

AND

as