as
as

Kasdam Cenderawasih Ikut Vicon Bersama Panglima TNI Bahas Pandemi Covid-19

Kasdam 17 Cen Ikut Vicon Panglima TNI

Koreri.com, Jayapura – Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengikuti arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara Video Conference terkait pembahasan pandemi Covid-19,

Kasdam mewakili Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI. Ignatius Yogo Triono.

Vicon bertempat di Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (23/7/2021).

Dalam arahannya, Panglima menyampaikan bahwa seluruh komponen bangsa bahu-membahu dalam memerangi Covid-19.

Khususnya Dinas Kesehatan adalah garda terdepan dalam pengembalian situasi ini, anggota TNI-Polri, dan para relawan terus-menerus bekerja siang malam untuk segera menyelesaikan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sangat perlu mendapat perhatian dan penanganan yang serius serta harus dilaksanakan bersama-sama. Oleh karenanya tidak ada komponen yang tidak aktif. TNI segera untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di setiap wilayah,” jelasnya.

“Semoga TNI tidak cuma mendapatkan apresiasi saja tapi dapat ganjaran, pahala yang besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” tambah Panglima.

Lebih lanjut, Panglima  mengatakan bahwa disaat ini juga sedang menghadapi varian Covid-19 yang baru yaitu varian Delta, yang penyebarannya begitu cepat.

Pemerintah telah meminta TNI untuk berperan lebih dalam, dan berkolaborasi dengan semua elemen yang ada baik Pemda, maupun relawan untuk mengoptimalkan tugas-tugas tersebut.

“Kita harus bisa meyakinkan kepada masyarakat bahwa isolasi terpusat akan mendapatkan fasilitas yang tercukupi dengan tenaga kesehatan dan obat-obatan. Masyarakat yang kita ajak untuk isolasi terpusat akan percaya untuk melaksanakan perawatan,” tegasnya.

Di akhir arahannya, Panglima juga berpesan bila ada masyarakat yang positif harus melaksanakan isolasi mandiri. Selalu diawasi oleh tenaga kesehatan beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tracing yang terkontak erat dengan masyarakat.

Dengan menggunakan antigen kemudian apabila reaktif akan dilaksanakan PCR Swab agar diketahui gejalanya.

Selanjutnya TNI berperan sebagai perekat dan pemersatu masyarakat serta aktif menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, tenang dan damai serta penuh persaudaraan.

“Mari kita rapatkan barisan serta saling bahu-membahu agar kita sama-sama dan bersinergi untuk Negeri,” pungkasnya.

Setelah sambutan dari Panglima, rapat dilanjutkan dengan pemaparan yang diberikan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima, Mayjen TNI Syafruddin terkait TNI merupakan koordinator pengoperasian seluruh tempat isolasi terpusat.

Dalam hal ini, TNI bersama Polri dan Tenaga Medis sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan terpadu

Asops menyampaikan bahwa tugas pokok TNI adalah melaksanakan operasi PPKM darurat dan serbuan vaksinasi di wilayah Jawa dan Bali.

“TNI melaksanakan operasi PPKM dalam rangka menekan lonjakan kasus penyebaran Covid-19, dan mewujudkan Herd Immunity,” tandasnya.

Terkait kegiatan persiapan isolasi terpusat, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono menyampaikan bahwa segera menyiapkan segala fasilitas yaitu logistik kesehatan antara lain obat-obatan dan logistik umum.

“Di masing-masing wilayah akan diawasi oleh para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Tenaga dari Dinas Kesehatan (Puskesmas) untuk isolasi mandiri maupun isolasi terpusat,” ucap Kapuskes TNI.

Dalam Acara Vicon tersebut turut hadir: Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Inf I Made Putra dan Kakesdam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr. I Nyoman Linggih.

SEO

as