as
as

Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi Penggunaan e-Katalog Lokal Pemerintahan

Pemkot Ambon sos e Katalog Lokal Pemerintahan

Koreri.com, Ambon – Pemerintah Kota Ambon menggelar sosialisasi Penggunaan e-Katalog lokal pemerintahan sebagai solusi dalam meningkatkan peluang usaha bagi para pelaku usaha dan UMKM.

Giat berlangsung di gedung PKK Provinsi Maluku, Selasa (28/6/2022).

Dalam sambutannya, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse menjelaskan, sosialisasi ini menindaklanjuti pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro usaha kecil dan koperasi dalam rangka mengekseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Saat ini, transaksi pengadaan barang atau jasa melalui katalog maupun toko daring atau lebih dikenal dengan istilah e – Purchasing adalah pengadaan barang atau jasa yang dilaksanakan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Oleh karena itu, pengadaan barang atau jasa dilakukan dengan cara e – Purchasing sebagai salah satu dari metode pengadaan barang dan jasa,” jelasnya.

Lanjut Ririmasse, penerapan e-Purchasing merupakan sebuah langkah maju di Indonesia tetapi sekaligus merupakan tantangan bagi para pelaku usaha dan UMKM di daerah ini untuk dapat bersaing di era digitalisasi.

Guna menjawab tantangan tersebut, maka Pemerintah Kota Ambon terus berupaya untuk mendorong peran pelaku usaha dan UMKM.

“Dengan demikian  perlu adanya perhatian serius dari kita bersama untuk menjalankan instruksi dimaksud,” tegasnya.

Ririmase menambahkan pula bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo tentang komitmen untuk belanja produk dalam negeri hingga 400 Triliun pada Mei 2022 lalu harus segera mendorong UMKM di daerah agar masuk e-Katalog lokal.

“Yaitu dengan cara mempermudah perizinan bagi UMKM serta mendorong satu juta produk lokal agar masuk di dalam e-Katolog lokal,” tandasnya.

JFL

as