as
as

Pemprov Papua Resmi Hibahkan Sejumlah Venue PON XX, Ini Daftarnya

Pemprov Papua Serahkan Venue PON XX

Koreri.com, Jayapura – Bertempat di Hotel Aston Papua, Selasa (27/9/2022), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menghibahkan  venue kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, Pemerintah Kota Jayapura, Polda Papua, Lanud AURI, Universitas Cenderawasih dan Sekolah Tinggi Theologia GIDI.

Sekretaris Daerah Ridwan Rumasukun, atas nama Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyerahan venue ini sangat penting untuk mendukung prestasi olahraga Papua.

“Penyerahan venue ini, baik kepada pemerintah kabupaten/kota maupun kepada instansi pemerintah, dunia pendidikan dan lembaga keagamaan sangat penting dalam rangka mendukung dan menumbuh kembangkan semangat olahraga dan semangat mencapai prestasi di kalangan masyarakat dan atlet Papua,” ungkapnya.

Sekda Papua melanjutkan bahwa venue-venue yang diserahkan pada hari ini adalah fasilitas  yang bersejarah.

“Venue PON dan PEPARNAS yang kami hibahkan pada hari ini adalah monumen bersejarah yang menjadi saksi bagaimana kita mampu menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan ke dunia internasional bahwa kita Papua mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga berskala nasional,” tandasnya.

Diingatkan pula oleh Sekda, bahwa pada saat ini Papua sedang berupaya untuk ditetapkan sebagai Provinsi Olahraga oleh Pemerintah.

“Dengan hasil yang menggembirakan pada PON XX dan PEPARNAS XVI serta telah tersedianya road map (blue print) event olahraga Papua serta Kajian Akademik Kelayakan sebagai Provinsi Olahraga, maka saat ini kita sedang mendorong agar penyataan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Papua adalah Provinsi Olahraga dapat dituangkan dalam satu regulasi khusus dari Pemerintah,” kata dia.

Regulasi ini penting agar dalam proses pengembangan keolahragaan Papua, pihaknya dapat menyusun rencana yang berkelanjutan.

“Sehingga segala sumberdaya yang dimiliki, baik oleh Pemerintah, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dapat mengacu pada sebuah rencana jangka panjang yang goalnya adalah melahirkan atlet berprestasi dari tanah Papua ini,” harapnya.

Dalam acara ini, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa dalam laporannya menyampaikan bahwa venue yang dihibahkan pada hari ini adalah yang dibangun dengan dana APBD pada saat persiapan pelaksanaan PON XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021.

“Hari ini akan diserahterimakan sebagai hibah venue-venue yaitu voli indoor dan voli pasir kepada Kepolisian Darah Papua, Softball dan Baseball, Lapangan Rugby dan Menembak Outdoor kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare, GOR Futsal SP2 kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, lapangan Tenis Walikota kepada Pemerintah Kota Jayapura, Lapangan Softball dan Baseball serta Trikora Uncen kepada Universitas Cenderawasih dan GOR STT GIDI kepada Sekolah Tinggi Theologia Gereja Injil DI Indonesia (GIDI),” rincinya.

Dalam mengakhir laporannya, Plt Kadis Orda mengharapkan  agar venue-venue yang dihibahkan imi tetap dapat di akses oleh atlit-atlit Papua agar prestasi olahraga Papua tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan sebagaimana hasil yang dicapai pada PON XX dan PEPARNAS XVI yang baru lalu.

Dengan prestasi olahraga yang terus meningkat maka penetapan Papua sebagai Provinsi Olahraga melalui regulasi dari Bapak presiden akan semakin mudah kita wujudkan.

RIL

as