Upacara Bendera Perdana TNI Bersama Pelajar SD-SMPN Satu Atap Iwur Pegubin

WhatsApp Image 2022 10 17 at 22.41.56
Upacara bendera merah putih perdana satgas pamtas RI-PNG bersama guru dan pelajar SDN, SMPN Satu Atap Iwur, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/10/2022) /Foto: Pen Kodim 1715

as

Koreri.com, Iwur – Personil Kodim 1715/Yahukimo yang sedang melaksanakan tugas Satgas  Pamtas RI – PNG gelar upacara bendera bersama guru dan Siswa/i SDN dan SMPN Satu Atap Iwur, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/10/2022).

Upacara bendera ini pertama kalinya bagi siswa/i SDN dan SMPN Satu atap Iwur bersama satgas Pamtas RI-PNG Kodim 1715/Yahukimo sebagai contoh bagi siswa tentang tata cara pelaksanaan upacara bendera.

Meski melewati medan yang cukup sulit bagi para siswa/i untuk mencapai sekolah, namun tidak mematahkan semangat mereka untuk hadir mengikuti upacara pengibaran perdana bendera Merah Putih.

Danpos Iwur, Serka Lukas Sosomar, mengatakan pelaksanaan upacara bendera sesuai perintah Komandan Kodim 1715/Yahukimo demi menanamkan Wawasan Kebangsaan dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda Indonesia yang berada di daerah perbatasan RI – PNG sesuai program Pembinaan Teritorial Satuan Kodim 1715/Yahukimo.

“Jadi, kami memberi pemahaman kepada Siswa/i SMPN Satu Atap Iwur dengan materi Wawasan Kebangsaan yang didalamnya juga terdapat contoh-contoh sikap tanah air seperti menggunakan produk dalam negeri, belajar sungguh – sungguh sehingga bisa ikut mengharumkan nama bangsa melalui prestasi,” kata Danpos.

Sementara itu, Kepala Sekolah Satu Atap Iwur, Willem B. Oropka Selaku pembina upacara menyampaikan terima kasih kepada Pos Kodim 1715/Yahukimo,  karena selama ini personel pos selalu berganti tetapi tidak ada yang mengajari anak-anak melaksanakan Upacara Bendera.

“Kami harap upacara kali ini bisa menjadi contoh buat siswa – siswi kami, untuk dapat melaksanakan Upacara pada setiap hari senin. Kami juga sangat berharap perhatian dari pemerintah daerah dan perhatian penuh pemerintah pusat untuk memperhatikan Setiap Sekolah  yang ada di wilayah Perbatasan NKRI. Khususnya wilayah Kab. Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung Dengan Negara PNG,” katanya.

“Akhirnya Terimakasih buat Pimpinan TNI di Jakarta, di Jayapura dan Kodim 1715/Yahukimo yang anggotanya sudah mengajarkan banyak hal baik kepada masyarakat selama bertugas di Distrik Iwur,” tukasnya.

Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf  Johanis Victorianus Tethool, S.Sos., saat dihubungi menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel Pos Pamtas RI – PNG Distrik Iwur yang sudah melaksanakan tugas dengan baik.

“Dengan adanya pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang pertama kali dilaksanakan oleh SDN dan SMPN 1 Atap Iwur dapat menambah kecintaan kepada Negara Republik Indonesia dan memupuk jiwa nasionalisme terhadap generasi – generasi muda,” katanya.

Dandim mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat dilakukan juga oleh satuan jajaran lain yang ada di wilayah Kodim 1715/Yahukimo.

“Dan kegiatan ini saya harapkan tidak hanya bersifat simbolis saja, tetapi harus dilaksanakan secara terus menerus dengan memberikan motivasi yang membangun kecerdasan bangsa di wilayah-wilayah terpencil seperti Distrik Iwur. Sebab kehadiran TNI harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya,” pungkasnya.

REM-172

as