as




as

Calon DOB Imekko Berpeluang Dimekarkan Tahun 2025

Ketua Komisi I DPR-PB George K. Dedaida,S.Hut.,M.Si bersama Mendagri Prof Dr M. Tito Karnavian,M.A di ruangan Mendagri, Jakarta, Kamis (19/1/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Manokwari – Wilayah Inanwatan, Metamani, Kais dan Kokoda (IMEKKO) berpeluang menjadi sebuah Kabupaten/ daerah otonomi baru (DOB) di Provinsi Papua Barat Daya pada tahun 2025, atau setelah pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Mendagri Prof Dr M, Tito Karnavian saat bertemu dengan Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat di ruang kerjanya, Kamis (19/1/2023) pekan lalu.

Ketua komisi I DPR Papua Barat George Karel Dedaida,S.Hut.,M.Si dalam keterangan persnya kepada media ini mengatakan, dalam tahun 2024 pemerintah pusat masih membuka kran pemekaran daerah otonomi baru (DOB) karena masuk dalam tahun politik serentak.

Karena saat ini pemerintah pusat masih fokus bersama penyelenggara pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi ini, agar dapat berjalan dengan aman, jujur dan adil sehingga hasilnya berpihak kepada masyarakat.

“Nanti tahun 2025 itu baru bisa dibuka kran pemekaran, Imekko adalah salah satu calon daerah otonomi baru yg diusulkan ke kemendagri dan dapat diproses,” jelas George Dedaida melalui telepon selulernya, Senin (23/1/2023) malam.

Dikatakan ketua fraksi otsus DPR-PB ini bahwa peluangnya DOB Kabupaten Imekko, Provinsi Papua Barat Daya ini akan disesuaikan dengan kondisi keuangan negara.

George mengatakan, Komisi I DPR Papua Barat terus mengawal dan mendorong beberapa calon Daerah Otonomi Baru Kabupaten/ Kota di Papua Barat dan Papua Barat Daya, salah satu yang sangat berpeluang yaitu Kabupaten IMEKKO.

KENN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *