as
as

Soroti 2000an Rumah di Ambon Tak Miliki Jamban, Wattimena: Oktober 2023 Harus Tuntas

Pj Walkot Ambon Soroti 2000an Tak Punya Jamban
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena

Koreri.com, Ambon – Tidak hanya soal posyandu, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena juga menyoroti masih adanya ribuan rumah  di wilayah itu yang tidak memiliki jamban.

Total sekitar 2000an lebih rumah yang tidak memiliki jamban sebagaimana laporan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

as

“Ada 2000 lebih rumah tidak memiliki jamban padahal ini berkaitan erat dengan Keluarga Beresiko Stunting (KBS, red),” ungkapnya saat membuka kegiatan Rembuk Stunting dan Penguatan Kapasitas Kader Posyandu, di Marina Hotel Ambon, Senin (3/4/2023).

Hadir pula, Ketua TP-PKK Kota Ambon Lissa Wattimena, Kepala BKKBN Maluku Charles Brabar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon maupun sejumlah kader posyandu di wilayah setempat.

Wattimena langsung meminta persoalan itu dituntaskan.

“Tahun ini Bappeda – Litbang dan Dinas PUPR harus tuntaskan. Saya tidak mau lagi dengar masih ada yang belum memiliki jamban dan saya mau semua desa maupun negeri di Kota Ambon ini memiliki jamban,” desaknya.

Wattimena berharap pembangunan jamban dapat dituntaskan dengan ketersediaan anggaran dari Pemkot Ambon juga dari dana CSR perusahaan yang ada daerah tersebut.

“Kalau kita mau, pasti bisa tuntaskan. Kita anggarkan dari Pemkot, dan kita bisa minta CSR dari perusahan yang ada di kota Ambon.  Saya sudah sampaikan kepala Kepala Bappeda – Litbang, supaya Oktober 2023 dituntaskan,” pungkasnya.

JFL

as