as
as

Basket Papua Lolos ke 16 Besar Pornas Korpri XVI 2023

IMG 20230717 WA0002

Koreri.com, Jayapura – Tim Basket Korpri Papua memastikan diri lolos ke babak 16 besar usai mengkandaskan perlawanan Kalimantan Selatan dengan skor akhir 39-36, pada laga penyisihan pool A cabang olahraga (Cabor) Basket Pornas XVI Korpri Jateng, di GOR Arena Sahabat, Semarang, Minggu (16/7/2023) pagi.

Hasil ini pula membawa Papua sebagai juara pool A, Basket Pornas Jateng 2023, dimana pada pertandingan sebelumnya berhasil menumbangkan Kalimantan Selatan dengan skor akhir 51-23.

as

Manajer Tim Basket Korpri Papua Jimmy Alberto Thesia mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya, meski sempat tampil tak maksimal dalam penyelesaian di depan ring atau keranjang basket lawan.

Ia pun maklum karena Papua mendapat lawan yang setara pada pertandingan kali ini, sehingga tim Papua tampil gugup.

“Banyak sekali error ball yang harus dibawah ring 99 persen masuk, tapi tidak karena konsentrasi terbagi sehingga banyak bola tidak masuk.

Kemudian ada keputusan wasit yang merugikan. Tapi secara keseluruhan saya senang dengan pelatih bisa mengatur strategi, emosi dan mental pemain, sehingga bisa mengimbangi permainan lawan. MVP ada di pelatih,” terangnya.

Kemenangan tim Papua tak diraih dengan gampang. Kalimantan Selatan yang diperkuat sejumlah pemain muda, tampil solid dan bermain taktis hingga menyulitkan tim Papua.

Itu terlihat dari perolehan skor di quater pertama dimana Papua hanya unggul tipis 16-12, lalu 22-20 di quater kedua.

Tim Kalsel yang tampil ngotot akhirnya akhirnya berbalik unggul satu angka di quater ketiga (31-32).

Namun penampilan apik Ferdinan, mampu mengangkat mental anak-anak Papua yang meski kerap beberapa kali ketinggalan skor, akhirnya berhasil menyudahi perlawanan Kalsel dengan skor 39-36 untuk kemenangan anak Bumi Cenderawasih di quater keempat.

Pelatih tim Basket Papua Jeheskiel Tetjuari tak kaget dengan penampilan lawan yang solid dan menyulitkan. Ia bahkan secara khusus menginstruksikan dua pemain untuk melakukan marking terhadap salah satu pemain Kalsel.

“Lawan benar-benar menemukan permainannya di quater tiga sehingga kita kewalahan, bahkan di quater empat sampai kejar kejaran angka. Tapi bersyukur teman-teman bisa melaksanakan instruksi pelatih dengan baik, pelan pelan kami memperbaiki tim dan di quater keempat menemukan permainan kami kembali,” terangnya.

Pelatih Jeheskiel mengatakan timnya akan istirahat sehari untuk kemudian menatap pertandingan berikut di babak 16 besar.

“Kita belum tahu lawan kami siapa tapi yang pasti kita siap melawan tim manapun,” tandasnya.

RIL

as