as
as

Aparat Berhasil Duduki 2 Markas KKB di Yahukimo, Sejumlah Barang Bukti Diamankan

IMG 20231104 WA0032

Koreri.com, Dekai – Aparat TNI – Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz 2023 berhasil menduduki dua markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Elkius Kobak di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kedua markas tersebut berada di Kali Ei yang berhasil diduduki pada Senin (30/10/2023) dan Kali Brasa, Sabtu (4/11/2023).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K.,M.H., saat di konfirmasi mengatakan aparat TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala, Satgas Gakkum dan Satgas Blukar bergabung dengan personel Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7/Lampung telah berhasil melakukan operasi penegakan hukum di Yahukimo yang digelar sejak 30 Oktober 2023.

“Ya benar, kami telah berhasil lakukan operasi gabungan di Yahukimo sejak 30 Oktober 2023 hingga hari ini. Kami telah berhasil menduduki dua markas KKB pimpinan Elkius Kobak yaitu di Kali Ei dan Kali Brasa” jelasnya, Sabtu (4/11/2023).

Dikatakan, KKB kelompok Elkius Kobak yang berada di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo berhasil lolos dari sergapan aparat.

“Saat ini kedua markas telah kami duduki dan hancurkan, sejumlah barang bukti berhasil kami sita dari markas tersebut,” tambah Faizal.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa terdapat sejumlah barang butki yang berhasil disita dari kedua markas KKB tersebut.

“Sejumlah barang bukti yang berhasil kami sita antara lain Solarsel 4 unit; mesin Genset 6 unit; sejumlah senjata tajam berupa parang, panah dan jubi; 2 buah HT/cas ht; 2 unit senapan angin; dan 1 stel pakaian loreng khas KKB.

Selain itu terdapat juga barang bukti berupa suntikan dan beberala botol ampul serta sejumlah obat-obatan yang diduga hasil merampas dari Tenaga Kesehatan di Puskesmas Amuma Yahukimo yang beberapa waktu lalu dianiaya KKB saat sedang bertugas disana” jelas Bayu.

“Pertimbangan posisi markas berada diantara dua ketinggian sehingga tidak memungkinkan untuk membawa seluruh barang bukti. Maka sebagian barang bukti langsung kami musnahkan di TKP.” tambahnya.

Penting untuk diketahui bahwa Satgas Damai Cartenz 2023 akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB yang berada di sekitar Kota Dekai Yahukimo.

“Kami akan terus lakukan pengejaran dan akan kami hancurkan markas KKB lainnya yang berada di sekitar kota Dekai Yahukimo,” tegas Bayu.

Sementara itu, Waka Ops Damai Cartenz-2023 Kombespol Ardiansyah Daulay. S.I.K. M.H., juga menambahkan bahwa upaya penegakan hukum terhadap markas KKB pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo adalah bentuk hadirnya Pemerintah dalam memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.

“Kami telah menduduki markas KKB dari kelompok Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo. Ini merupakan wujud hadirnya negara di Yahukimo agar situasi kamtibmas dapat terwujud dengan baik”, sambungnya.

Lanjut Daulay bahwa aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz dan Polres Yahukimo serta Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7 Yahukimo akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap markas KKB lainnya yang berada di pinggiran kota Dekai Yahukimo.

“Kami akan terus melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB di kabupaten Yahukimo yang selama ini kerap melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat di kabupaten Yahukimo” tandasnya.

VER

as