as
as
Sosok  

Beri Kuliah Umum di STTIMAS, Jambormias Bagikan Kiat “Terpanggil untuk Melayani”

Soleman Jambormias koreri
Soleman Jambormias saat memberikan kuliah umum di ruang belajar kampus STTIMAS, Kepulauan Tanimbar, Jumat (15/3/2024)

Koreri.com, Saumlaki – Soleman Jambormias, seorang birokrat tulen yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan dihadirkan sebagai pemateri dalam kuliah umum di ruang belajar kampus Sekolah Tinggi Theologi Injili Mahkota Sion Saumlaki (STTIMAS), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (15/3/2024).

Kuliah umum ini ditujukan bagi ratusan peserta dari Perguruan Yayasan Solagracia Duan Lolat Berkei Saumlaki seperti civitas akademika STTIMAS dan para siswa maupun dewan guru dari Sekolah Menengah Theologi Kristen Sola Gratia Saumlaki.

Soleman memulai pemaparan materinya dengan memperkenalkan diri serta pengalamannya dalam kaitannya dengan materi “Terpanggil Untuk Melayani”.

Menurutnya, melayani diartikan sebagai melakukan sesuatu tanpa beban, sebab melayani bukanlah beban, melainkan sebuah kehormatan.

Dalam konteks Kristen, Soleman menekankan prinsip pelayanan menurut ajaran Tuhan Yesus, sebagai kepala gereja.

“Melayani orang lain adalah memenuhi kebutuhan mereka dengan kasih dan kerendahan hati, sebagaimana Kristus ajarkan” katanya.

Untuk itu, sebagai umat-Nya, seorang Kristen sejati tidak hanya melayani sesama umat Kristen tetapi sesama umat lain tanpa diskriminasi dan dengan niat yang tulus,  mengikuti jejak Yesus.

“Tujuan pelayanan adalah bukanlah untuk mencari nama,  melainkan untuk memuliakan Tuhan.  Kita harus belajar membelokan pujian yang orang berikan untuk kita kembalikan kepada Tuhan,  dan jangan mencuri kemuliaan Tuhan” katanya lagi.

Untuk menemukan panggilan Tuhan, Soleman menyarankan beberapa hal kepada peserta  yaitu komitmen untuk terus berdoa, komitmen untuk terus berusaha dengan iman, terus percaya kepada Tuhan dan tuntunan-Nya melalui firman-Nya, gereja-Nya dan pemimpin rohani. Komitmen untuk menjadi seperti apa yang Tuhan kehendaki dan yang Tuhan rencanakan.

Setelah mengakhiri pemaparan materinya, Soleman menyerahkan satu paket bantuan sarana olah raga bagi pihak sekolah dan kampus seperti sejumlah bola voli dan bola kaki, serta sepuluh juta uang tunai untuk kebutuhan penyiapan fasilitas lapangan bola, serta bakal menyumbangkan lima unit laptop untuk membantu memperlancar kerja-kerja perkantoran di dua lembaga itu.

Soleman Jambormias koreri2
Momen saat Soleman Jambormias berkesempatan menyerahkan bantuan

Materi ini membawa kesan tersendiri bagi bapar peserta. Ketua Pendiri Perguruan Yayasan Solagracia Duan Lolat Berkei Saumlaki, Pendeta Yusak Weriratan di kesempatan itu berterimakasih kepada Soleman Jambormias yang telah membawakan materi kuliah umum.

“Materi ini merupakan spirit bagi kami pendiri, dosen, dewan guru, mahasiswa dan para siswa dalam menggapai mimpi kedepan. Kami juga belajar banyak hal dari beliau yaitu pengalaman dan pengetahuan” kesannya.

Ia juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Soleman Jambormias.

Glori Batlolone, mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Kristen di STTIMAS menyatakan, materi yang disajikan sangat menarik dan menyentuh.

“Meskipun pak Soleman menyampaikan materinya secara tegas namun santai dan kami sangat mengerti dengan baik.  Pembawaan materinya menarik sangat baik,” akuinya.

Sejumlah peserta yang ditemui menilai, Soleman adalah sosok yang ramah, rendah hati, berjiwa sosial tinggi dan sangat memahami kondisi sosial masyarakat Tanimbar. Dia adalah figur yang telah terbukti melayani dengan kasih.

Tentang Soleman

Soleman Jambormias adalah putera daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sedang menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan.

Memiliki segudang pengalaman di birokrasi, Soleman juga banyak berpengalaman di bidang pendidikan.

Dalam kurun waktu beberapa tahun sebelum dirinya di pindahkan ke birokrasi, Soleman berkarya di bidang pendidikan.

Berbekal ilmu akademik yang dia peroleh, Soleman dipercayakan sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Kristen di Merauke, pernah menjabat sebagai kepala sekolah di sejumlah Sekolah Menengah Atas “favorit” di wilayah Papua Selatan.

Sebelumnya, pria kelahiran Desa Arma, Kecamatan Nirunmas, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku ini menyatakan kesiapannya untuk maju mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang tahapannya segera akan dimulai dalam waktu dekat.

Soleman Jambormias menyatakan kesiapannya untuk saatnya nanti maju dalam bursa Calon Kepala Daerah di Tanimbar yang bakal di gelar dalam waktu dekat.

LSM

as

as