as
as

Perkuat Silaturahmi di Momen Idul Adha, BTM Salurkan 25 Hewan Qurban di 3 Wilayah

BTM Salurkan 25 Hewan Kurban

Koreri.com, Jayapura – Bakal Calon Gubernur Papua Benhur Tomi Mano menyalurkan 25 hewan qurban ke beberapa masjid yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom.

Hal itu dilakukannya sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam rangka membina hubungan kemasyarakatan serta memperkuat tali silaturahmi antar umat beragama.

as

Sosok Benhur Tomi Mano memang sangat familiar di kalangan umat Muslim khususnya di Kota Jayapura, apalagi saat masih menjabat sebagai Wali Kota setempat selama dua periode.

Salah satu ciri khasnya yaitu melaksanakan Safari Ramadhan pada setiap momen Bulan Puasa Idul Fitri, ke berbagai masjid dan mushola di seluruh wilayah ibukota Provinsi Papua itu.

Begitu pula saat momen perayaan Idul Adha, pria yang akrab disapa BTM ini mendatangi masjid-masjid untuk memberikan bantuan hewan qurban.

Gaya kepemimpinan itulah yang membuat BTM selalu ada di hati umat Muslim dan tak lekang dari sanubari rakyat di negeri berjuluk Port Numbay tersebut.

Pantauan media ini, BTM didampingi sejumlah timnya melakukan penyerahan hewan qurban yang pertama dilakukan di Masjid Baitul Makmur Perumnas 1 Waena, Distrik Heram melalui panitia Idul Adha 1445 Hijriyah.

Kehadiran BTM disambut baik para pengurus dan jemaah Masjid. Rasa rindu terbayarkan, apalagi ibu-ibu majelis taklim, ketika melihat mantan Walikota Jayapura itu kembali hadir menyapa mereka.

BTM Salurkan 25 Hewan Kurban2“Masjid ini mempunyai sejarah bersama saya. Saya menjadi Wali Kota Jayapura dari masjid ini. Torehan kemenangan saya sebagai Wali Kota Jayapura dua periode dimulai dari masjid ini. Dan momen krusial itu tidak akan saya lupakan dalam lubuk hati saya,” kata BTM sebelum menyerahkan hewan qurban di Masjid Baitul Makmur Perumnas 1 Waena, Sabtu (15/6/2024).

Di kesempatan itu, putra asli Port Numbay ini kembali menitipkan sapaan akrabnya kepada jemaah Masjid Baitul Makmur yaitu BTM (Berkat Terus Mengalir).

“Bersama Tuhan kita membangun Papua ini kedepannya lebih baik,” tandasnya.

“Pada hari ini saya datang untuk memberikan bantuan hewan qurban kepada masjid-masjid yang ada di kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom sebanyak 25 ekor, kepada saudara-saudara umat muslim yang akan merayakan hari raya kurban,” lanjut ungkap BTM.

“Biarlah hewan kurban yang saya berikan ini dapat diterima dengan tulus hati dan dapat dibagikan kepada mereka-mereka yang berhak menerima,” pesannya.
Karena saking mencintai umat Muslim di Kota Jayapura, saat menjabat sebagai Wali Kota, dirinya membangun tempat pemakaman gratis untuk umat Muslim di atas lahan seluas 10 hektar yang berlokasi di kawasan Buper Waena.

BTM Salurkan 25 Hewan Kurban3Ia juga membangun mushola di kantor Wali Kota, dan alasannya begitu menyejukkan hati.

“Karena saudara-saudara saya umat Muslim jika mau salat di siang hari harus datang di masjid Al-Aqsa Bucen II. Tapi sekarang semuanya bisa salat di mushola kantor Wali Kota Jayapura,” tandasnya.

Dan satu lagi kerinduan BTM yaitu menjadikan Papua sebagai Embarkasi Khusus keberangkatan haji untuk 6 Provinsi.

“Maka keinginan saya jika menjadi Gubernur Papua, saya akan minta kepada Menteri Agama untuk embarkasi khusus, karena ada 6 provinsi yaitu, Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua pegunungan, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Papua Tengah sehingga Papua diberikan embarkasi khusus untuk keberangkatan haji,” tandasnya.

BTM juga tak lupa berpesan agar seluruh umat Muslim untuk terus menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama di Kota Jayapura yang telah terjalin indah dan mesra.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Baitul Makmur Muhammad Dahlan mengatakan dua periode sebagai walikota Jayapura perhatian BTM di masjid Baitul Makmur ini sangat besar.

BTM Salurkan 25 Hewan Kurban4“Sejak dulu kita sangat akrab dengan BTM dan beliau selalu memantau aktivitas kegiatan keagamaan di masjid Baitul Makmur. Alhamdulillah hari ini, beliau memberikan satu amanah kepada kami yaitu satu ekor hewan qurban yang akan disembelih pada hari Idul Adha dan akan menjadi perhatian bagi kami,” sambungnya.

“Artinya kami selaku panitia pengurus akan melaksanakan dengan sebaik-baik, sesuai dengan tuntunanNya dan hukum syariatnya yaitu membagikan hewan kurban ini tepat sasaran kepada mustahik yang berhak menerimanya,” ujar Dahlan.

“Insyaallah amanah yang diberikan oleh pak BTM ini akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Atas kepedulian ini, Dahlan atas nama pengurus dan jamaah Masjid Baitul Makmur Perumnas 1 Waena, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi kepada BTM.

“Semoga bapak dalam doa kami, semua perjalanan hidup bapak akan disertai, diiringi, diberikan kekuatan dan keselamatan juga jalan yang terbaik sesuai harapan dan cita-cita bapak dan akan terkabul segera,” tukasnya.

TIM

as