as
as

Tahun ini, Tour de Moluccas batal digelar

Salah satu momen dimana para pembalap beradu di etape terakhir Tour de Moluccas 2017
Salah satu momen dimana para pembalap beradu di etape terakhir Tour de Moluccas 2017

Koreri.com, Ambon (28/8) – Event internasional yang dikemas dalam “Tour de Moluccas” hampir pasti batal penyelenggaraannya di tahun ini.

Batalnya gelaran event balap sepeda ini dikarenakan kondisi anggaran daerah yang telah minim, mengingat sebelumnya telah berlangsung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku.

Terkait kondisi tersebut, Anggota Komisi D DPRD Maluku Justina Renjaan mengakui bila ajang ini diselenggarakan tahun depan maka tentunya tidak menjadi sebuah persoalan.

“Kalau memang kondisinya seperti ini, ditunda tahun depan juga tidak masalah,” akuinya di Ambon, Senin (27/8/2018).

Renjaan mengatakan penetapan tentang batal atau berlangsungnya sebuah event adalah prioritas keputusan SKPD terkait.

Olehnya itu, menyangkut event ini, Dinas Pariwisata Maluku memiliki kewenangan penuh dalam menetapkan apakah akan digelar atau tidak.

Menurut Renjaan, DPRD Maluku selaku lembaga pengawas Eksekutif tidak memiliki kewenangan penuh dalam pengambilan keputusan.

“Kami DPRD hal yang tidak terlalu mendesak, kita kembalikan ke SKPD yang eksekusinya disana,” sambungnya.

Namun bagi Ranjaan, gelaran event pariwisata tingkat nasional maupun internasional bukan hanya perihal mendatangkan turis asing maupun lokal.

Tetapi bagaimana membuat para wisatawan terkesan, sekaligus memberikan pengalaman sehingga ada yang tersimpan setelah mereka pulang.

“Kalau bagi saya mau melihat, ya itu juga penting untuk mendatangkan turis-turis dan juga untuk daerah,” tandasnya.

Hanya saja dari sisi keuangan tidak memungkinkan, dan hal itu sudah disampaikan ke Dewan.

Dimana ada beberapa program yang memang tidak bisa dianggarkan karena Maluku baru saja menggelar pilkada yang tentunya membutuhkan biaya yang besar.

“Jadi kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Dalam hal ini, Dinas Pariwisata juga harus mengkaji program-program mana saja yang perlu diproritaskan,” pungkasnya.

MP-RR

as